Tanya Dokter

  • Penanganan alergi wajah akibat penggunaan make up

  •  desyayu
    Anggota
    Dok, sebelumnya kulit saya mulus gak jerawatan atau ada keluhan lainnya. Hanya kulit saya termasuk dalam jenis kulit yg kering. Sebelumnya saya juga tidak menggunakan kosmetik apapun, karena saya memang natural look setiap harinya, paling hanya pake moisturizer aja. Nah beberapa hari kemarin saya memang menggunakan makeup dalam suatu acara pernikahan sepupu saya. Nah sekarang kulit wajah saya melenting-melenting kayak jerawat cuma menghitam dok. Rasanya gatal, sakit, perih juga. Bagaimana cara mengatasinya ya dok? Sementara saya juga takut berobat ke skincare karena takut ketergantungan dengan obat-obatan yg diberikan.
    desyayu  Fellisa Herman
    Anggota

    coba pakai cetaphil gentle aja, buat ngurangin rasa gatal dan perih. saya pernah begini soalnya, dan pas pakai 1minggu udh ilang kok rasa gatal dan perihnya. cuma untuk proses hilang bentolnya agak lama. mungkin itu jerawat purging yg selama ini gk keluar

    Halo desyayu......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk anda, alergi merupakan suatu bentuk reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap sesuatu yang dianggap berbahaya walaupun sebenarnya tidak. Alergi dapat terjadi akibat sesuatu yang masuk atau bersentuhan dengan tubuh.

    Kosmetik sendiri terdiri dari berbagai macam bahan kimia yang tentu memiliki kemungkinan untuk menyebabkan reaksi kulit berupa alergi. Umumnya dokter akan memberikan pengobatan seperti antihistamin, kortikosteroid, dan lain sebagainya untuk mengatasi reaksi alergi.

    Oleh karena itu jika sampai saat ini gangguan kesehatan kulit masih saja terjadi dan semakin memburuk, maka segeralah menemui dokter, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat lakukan serangkain penanganan lebih lanjut.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati