Tanya Dokter

  • Mengatasi kecanduan obat excimer

  •  Diana Rahayu
    Anggota
    Halo dok.. Saya sudah lama mengonsumsi obat obatan yang namanya eksimer.. Mulai dr kelas satu SMA Sampai skarang candu itu gak bisa hilang dok.. Bagaimana cara penanganan masakah candu ini dok?

    Halo Diana, 

     

    Terima kasih sudah bertanya ke Alodokter.

    Obat Excimer adalah jenis obat anti psikotik dengan bahan aktif CPZ (Chlorpramazine). Obat ini adalah jenis obat yang tidak beredar secara bebas tanpa anjuran dan instruksi dokter. Jenis obat ini adalah jenis obat yang digunakan untuk gangguan kesehatan jiwa dan jika digunakan bukan berdasarkan instruksi dokter maka dapat digolongkan dalam penyalahgunaan obat-obatan terlarang karena dapat menyebabkan kecanduan. 

    Jika sudah terlanjur mengkonsumsinya maka yang perlu dilakukan adalah untuk melakukan konsultasi langsung dan pemeriksaan langsung untuk menentukan jalan penghentian dari obat-obatan ini. Jika perlu dilakukan rehabilitasi untuk mebghentikan penggunaan obat dan mencegah terjadinya kecanduan kembali. Selain kecanduan, jenis obat ini jka digunakan dalam jangka panjang maka dapat menyebabkan efek samping yang berbahaya bagi tubuh bahkan kematian. Efek samping jangka pendek yang dapat dirasakan seperti mual, pusing, muntah, gemetar, gangguan penglihatan, detak jantung menjadi cepat, rasa kantuk yang berlebihan dan lainn sebagainya. 

    Maka untuk Anda disarankan untuk melakukan konsultasi langsung ke dokter atau melalui badan rehabilitasi yang sudah banyak dilakukan oleh pemerintah bekerja sama dengan beberapa rumah sakit. Penangan yang segera maka mencegah terjadinya kecanduan dan komplikasi lebih lanjut yang dapat merugikan kesehatan dan masa depan Anda. 

    Berikut link terkait

     http://satulayanan.id/layanan/index/191/permohonan-rehabilitasi-narkoba/bnn#

     http://www.depkes.go.id/download.php?file=download/pusdatin/buletin/buletin-napza.pdf. http://www.pusdatin.kemkes.go.id/resources/download/pusdatin/buletin/buletin-napza.pdf.

    http://www.rskojakarta.com/

     

    Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat. 

    Salam, dr. Tiwi