Tanya Dokter

  • cara menangani hemeroid didalam anus

  • Dok gimana ini saya udh 2tahun mengalami sakit didalam anus dan ada benjolan , 1 tahun belakangan ini pas bab keluar darah segar , dan sudah berkonsultasi kebidan cuman dikasih penghilang rasa sakitnya? Jadi gimana dong dok , setelah bab rasa nyeri sakitnya kadang sampai 2 hari ,

    Hai,   Untuk mengetahui dengan pasti sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter dan melakukan tes medis seperti colok dubur dll. Beberapa kemungkinan penyebab keluhan Anda antara lain adalah :

    • Wasir
    • Tumor rektum
    • Luka pada rektum
    • dll.
    Penanganan wasir ditentukan dari seberapa parah kondisi dari wasir yang terjadi. Wasir dapat dibedakan menjadi wasir luar / wasir dalam yang akan menentukan jenis terapi. Pada wasir luar biasa obat oles/ topikal bisa diberikan, kadang tindakan operatif akan diperlukan jika gejala sangat parah. Gejala wasir interna dikategorikan menjadi :
    1. Stage 1 = BAB berdarah, merah segar dan menetes saat BAB. Biasanya benjolan hanya terjadi lokal dan kecil. Penanganan bisa diberikan dengan perubahan pola makan dan obat topikal maupun minum.
    2. Stage 2 = Benjolan keluar tiap BAB dan masuk sendiri setiap berhenti meneran. Penanganan biasa diberikan obat minum dan perubahan pola makan serta hidup sehat yang invasif.
    3. Stage 3 - Benjolan keluar saat meneran dan harus dimasukkan dengan bantuan dorongan dari luar karena benjolan tidak bisa masuk kembali. Terkadang dibutuhkan tindakan operatif.
    4. Stage 4 = benjolan keluar , nyeri dan berdarah serta tidak bisa didorong kembali. Membutuhkan tindakan operatif.
    Perubahan pola makan dan hidup sehat yang disarankan antara lain :
    1. banyak makan buah dan sayur tinggi serat.
    2. banyak minum air putih.
    3. Olahraga teratur
    4. Lakukan stretching ringan jika Anda banyak duduk.
    5. Hindari meneran kuat saat BAB.
    6. Jika Anda mengalami sembelit maka cepar obati sembelit Anda agar tidak memperburuk wasir.
    7. Minum pencahar bila perlu.
    Jika gejala Anda tidak membaik maka sebaiknya anda mengkonsultasikan keluhan Anda ke dokter terdekat. Dengan pemeriksaan seksama maka penanganan keluhan Anda bisa diberikan seoptimal mungkin. Baca topik terkait keluhan  Wasir. Semoga membantu.   dr. Yusi