Tanya Dokter

  • Cara menangani sakit gigi selama 2 minggu

  • assalamualaikum dok.. dok usia saya 20th tapi di usia saya yang segitu ada gigi graham yang tumbuh dok dan bukanya klo di usia segitu gigi tidak akan tumbuh lagi ya dok? keluhan saya yaitu hampir mau dua minggu saya sakit gigi dok dan itu setelah munculnya tumbuh gigi graham yang baru..apa itu efek tumbuhnya gigi yang baru atau gimana dok? 

    sebelumnya terimakasih dok..wassalam

    Halo wini.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Gangguan kegiatan yang Anda alami kemungkinan disebabkan oleh tumbuhnya gigi geraham bungsu, atau yang dalam bahasa medis disebut sebagai gigi molar ketiga, gigi geraham ini merupakan gigi permanen yang tumbuh paling akhir.

    Sekedar informasi untuk anda, umumnya gigi geraham bungsu tumbuh pada usia 17 tahun sampai dengan 21 tahun hingga pertumbuhannya sempurna dalam waktu beberapa tahun.

    Dalam proses pertumbuhan gigi geraham bungsu memang dapat menimbulkan kendala. Salah satunya yang kerap terjadi adalah munculnya rasa nyeri. Biasanya gigi geraham bungsu yang muncul akhirnya merobek jaringan mukosa Gusi sehingga timbul luka yang menimbulkan rasa nyeri.

    Selain hal yang telah disebut kan diatas, geraham bungsu juga dapat menimbulkan rasa nyeri jika mengalami suatu infeksi pada gigi geraham bungsu, ataupun gigi geraham bungsu mengalami impaksi yaitu pertumbuhan yang terhalang oleh struktur lain.

    Sebagai penanganan awal untuk meredakan rasa nyeri, Anda dapat mengonsumsi obat pada rasa sakit seperti ibuprofen apabila tidak terdapat kontraindikasi terhadap tubuh Anda, akan tetapi kami tetap menyarankan segeralah menemui dokter gigi, agar gigi Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut, sehingga penanganan yang tepat dapat diberikan.

    Klik artikel di bawah ini sesuai dengan pertanyaan Anda :

    GIGI BUNGSU

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati