Tanya Dokter

  • cara mencegah penulatan virus penyakit kelamin

  • Assalamu'alaikum dok. jikà seorang pria melakukan poligami dan salah satu istrinya divonis dokter terkena kanker serviks apa yang harus dilakukan dan pada wanita yang sehat apa yang dilakukan agar tidak tertular virus?

    Atas jawabannya saya ucapkan terima kasih.

    Nursyamsy Syamsy  dr. Lina Saleh
    Dokter

    Wa'alaikumsalam Kanker serviks merupakan kanker yang terjadi pada leher rahim dengan penyebab utama adalah infeksi virus HPV terutama tipe 16 dan 18. Virus yang telah emnginfeksi dapat masuk melalui celah-celah luka pada sel-sel dinding vagina dan leher rahim dan kemudian berkembang biak dan menyebabkan perubahan sel-sel leher rahim menjadi sel kanker. Pada kondisi seperti yang ibu jelaskan diatas, maka sebagai pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan :

    • Melakukakn hubungan seksual yang aman, yaitu setia pada pasangan, hindari gonta ganti pasangan, lakukan hubungan seksual dengan menggunakan kondom untuk memabntu melindungi, meskipun tidak 100% dapat dipastikan akan terlindungi.
    • Melakukan vaksinasi HPV atau Vaksin pencegahan kanker serviks. Sebenarnya vaksin ini lebih efektif jika diberikan pada wanita yang masih gadias atau belum aktif secara seksual, karena belum terpapar oleh virus, namun bagi wanita yang sudah aktif secara seksual pun masih disarankan.
    • Melakukan skreening kesehatan sel-sel leher rahim dan untuk deteksi dini jika ada perubahan dari sel-sel normal menjadi sel kanker. Skrining dapat dilakukan dengan metode IVA (semprot asam dan melihat perubahan warna yang tidak normal) atau pap smear (mengambil contoh sel-sel leher rahim dengan menggunakan sikat kecil, kemudian diamati dibawah mikroskop). Skrining disaranakan  dilakukan 3 tahun sekali untuk wanita aktif seksual pada kisaran usia 25-40 tahun, dan setiap 5 tahun sekali pada usia diatas 40 tahun. Namun dalam kondisi Anda, dapat dilakukan skrining rutin setiap 1-2 atau tiga tahun sekali.
    • Hindari konsumsi rokok atau paparan asap rokok, hindair konsumsi makanan pengawet, diasinkan atau dibakar terlalu sering.
    Silahkan baca lebih lengkap mengenai Kanker Serviks Mendeteksi Sel Abnormal Penyebab Kanker Virus HPV Mitos Seputar Kanker Serviks Sekian informasi dari saya, semoga bermanfaat.

    Dok. Dimana kami meminta faksin utk mencegah penyakit kelamin. Dok apakah paksin ini ditanggung askes. Terima kasih