Tanya Dokter

  • Pencegahan penyakit herpes

  •  desy19
    Anggota

    dok mau tanya aku makan barang dgn temen tyuz g sengaja minum dengan 1 sedotan yg sama ,, setelah besok nya dy cek ke dr ternyta dy kena virus herpes itu saya ketular penyakit dy ga dok ?

    klo emang menular cara pencegahannya gimana dok untuk saya ?

    Hai Desy

    Perlu diketahui terlebih dahulu herpes apakah yang dimaksud karena terdapat beberapa jenis herpes dengan penyebab yang berbeda, yaitu:

    • Herpes zoster disebabkan oleh virus Varicella zoster yang juga menyebabkan cacar air. Cacar air di masa lalu yang telah sembuh dapat tetap meninggalkan virus dalam keadaan tidak aktif dalam waktu beberapa bulan sampai tahunan. Bila terjadi penurunan daya tahan tubuh maka virus dapat aktif kembali dan menimbulkan penyakit herpes zoster. Penularannya akan menyebabkan gejala cacar air dimana menimbulkan gejala melenting di seluruh tubuh, gatal dan demam. 
    • Herpes simplex disebabkan oleh infeksi virus herpes simplex virus (HSV), terdiri dari 2 tipe yaitu herpes simplex tipe 1 dan tipe 2. Dari kedua jenis HSV, yang dapat terjadi penularan melalui alat makan adalah HSV tipe-1 dimana umumnya menimbulkan gejala melenting kemerahan pada sudut bibir.

    Untuk lebih jelasnya diperlukan informasi lebih lanjut mengenai herpes apa yang dimaksud. Untuk mencegah penularan, sebaiknya hindari berbagi alat makan bekas orang lain karena dapat berisiko terjadi penularan baik itu virus ataupun bakteri. 

    Semoga membantu ya. Terima kasih.

    dr.Yan william