Tanya Dokter

  • Cara mencegah terinfeksi TB Paru

  • Selamat malam dok,,

    langsung ke inti nya saja ya.

    waktu usia saya kurang lebih 3 thn, saya di diagnosis ol dokter terkena gejala tb paru.  saat itu, saya berobat rutin kira'' 2 thn lebih.

    dan setiap 6 bln sekali saya di rontgen ol dokter yang menangani penyakit saya.setelah 2 thn pengobatan, dokter menyatakan sembuh.

    dan setelah saya memasuki usia 19 thn, penyakit saya kambuh,

    saya  mengetahui nya pada saat dokter memeriksa saya, dan terdapat kelenjar getah bening yang membengkak.

    dan saya menjalani pengobatan selama 6 bln. dan kelenjar mengempes

    setelah 1 thn berlalu. kelenjar saya, saat ini kembali muncul

    apa tanggapan dokter ,mengenai hal ini ?

    mohon jawaban dari dokter

    terimakasih

    Hai, Pembengkakan kelenjar getah bening dapat disebabkan oleh berbagai macam sebab selain infeksi tuberkulosis, seperti :

    1. infeksi di daerah sekitar kelenjar getah bening yang membengkak - contohnya infeksi telinga, gigi, radang amandel, dan lainnya
    2. penyakit lupus
    3. campak
    4. rematoid arthritis
    5. lymphoma
    6. penyebaran kanker
    7. dan lainnya
    Apabila bengkak pada kelenjar getah bening disebabkan oleh adanya infeksi tuberkulosis, maka umumnya Anda juga akan merasakan adanya gejala lain dari penyakit tuberkulosis, seperti :
    • demam, umumnya berkepanjangan
    • badan terasa lemah dan lesu
    • menggigil
    • penurunan berat badan
    • berkeringat secara berlebihan pada malam hari
    • dan lainnya
    Untuk menentukan secara pasti apakah yang menyebabkan pembengkakan dari kelenjar getah bening yang Anda alami, maka Anda perlu memeriksakan diri secara langsung ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan juga melakukan beberapa pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan, seperti FNAB (fine needle aspiration biopsy), yaitu mengambil sedikit contoh jaringan dari benjolan untuk dianalisis. Jika benar pembengkakan yang Anda alami tersebut kembali disebabkan oleh infeksi tuberkulosis maka Anda harus kembali menjalani pengobatan untuk penyakit tuberkulosis yang diberikan oleh dokter. Berikut merupakan beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan untuk mencegah infeksi tuberkulosis agar tidak menular kepada orang terdekat:
    1. tutupi mulut saat batuk dan bersin
    2. pasikan rumah memiliki sirkulasi udara yang baik
    3. jangan tidur sekamar dengan orang lain jika belum berobat, atau hingga beberapa minggu sampai sebaiknya 2 bulan setelah pertama mulai pengobatan
      Semoga membantu, Dian Paramitasari, dr.