Tanya Dokter

  • Perawatan penderita skizofrenia

  • dokter sy mau bertanya,suami sy menderita skizo sdh lama baru 3th ini berobat,selama berobat ada perubahn hny saja sbln kmrn tdk minum obat dan kambuh kmbali.saat ini malah tidak mau beraktifitas lg,kerjaan nya hanya makan,tidur saja,saya bingung dokter apa yang harus saya lakukan.hubungannya dgn ortu jg tdk baik td ada komunikasi sdh 2 th ini padahal kami tinggal  satu atap?skrg mau minum obat lg yg diberi dokter,hny saja kok blm ada perubahan,msh blm mau beraktifitas dokter,yang ingin sy tanyakan berapa lama efek obat bekerja shingga dia mau beraktifitas lg,gm sikap ortu kami u menghadapinya?karena slma ini mereka hanya diam sj tdk mau ngajak komunikasi.

    tolong dokter apa yang harus sy lakukan,krn suami sy ini td ada keinginan u berubah,terima kasih atas jawabannya.

     

    Halo Yuli

    Terima kasih telah bertanya pada Alodokter

    Penanganan pada skizofrenia harus disesuaikan dengan kondisi setiap individu. Harus dilakukan pengkajian terhadap kondisi prilaku pasien tersebut. Selain itu respon obat-obatan juga berbeda setiap orangnya ada yang membuat orang tersebut lemas dan tidak mau beraktivitas namun ada juga yang menjadi biasa saja, namun apabila sebelumnya suami Anda sudah menunjukan perbaikan dimana dapat beraktivitas normal dan sekarang mengalami perubahan maka cobalah untuk memeriksakan kembali suami Anda ke dokter spesialis kejiwaan tempat suami Anda berobat, dikarenakan butuh wawancara medis yang mendalam serta pemeriksaan langsung untuk mengetahui apakah gejala yang muncul saat ini dikarenakan obat atau hal lain.

    Selain hal diatas, peran keluarga sangatlah penting dalam kesembuhan pasien jiwa karena keluarga merupakan orang terdekat dari pasien. Mendengar cerita Anda tentang keluarga tersebut memang peranannya masih sangat kurang. Cobalah ajak keluarga Anda dengan memberikan pengertian-pengertian mengenai kondisi suami Anda. Memang di Negara kita penyakit seperti ini masih dianggap "memalukan", namun sebenarnya tidak jarang ada yang sembuh dan bisa terlihat dan beraktivitas normal. Sebaliknya dengan sikap keluarga seperti yang Anda utarakan malah dapat memperburuk kondisi pasien karena merasa tidak mendapatkan perhatian. Apabila Anda kerepotan dalam memberikan penjelasan cobalah ajak keluarga Anda ke dokter spesialis kejiwaan tempat suami Anda berobat, bukan untuk mengajak keluarga Anda berobat juga namun untuk diberikan penjelasan oleh dokter mengenai kondisi suami Anda. Serta saya sarankan Anda untuk bersabar menghadapi suami Anda dikarenakan pada kondisi suami Anda saat ini membutuhkan perhatian dan kesabaran yang ekstra.

    Semoga bermanfaat

    Salam, dr. Satya Sueningrat