Tanya Dokter

  • Cara mengatasi anemia

  •  Thaa Rhy
    Anggota

    Malam dok,,seminggu yg lalu saya periksa ke dokter dan tekanan darah saya 100/70 Kepala saya sering pusing dan td sore rasa nya seperti berputar ² hampir mau jatuh, apakah ini termasuk darah rendah dok...??? Trus bagaimana cara mengatasi nya dok....????

    Thaa Rhy  dr. Rico N
    Dokter

    Halo, Pertama-tama saya ingin menjelaskan bahwa kurang darah (anemia) itu berbeda dengan tekanan darah rendah. Tekanan darah rendah adalah tekanan darah yang berada di bawah rata-rata normal (seperti misalnya anda 100/70). Anemia adalah kurang darah, ditandai penurunan kadar hemoglobin (Hb) dalam darah yang diketahui dari hasil pemeriksaan lab. Jadi saat ini kita mengetahui bahwa anda memiliki tekanan darah yang sedikit lebih rendah dari rata-rata orang kebanyakan, tetapi tidak mengenahui apakah anda anemia/tidak karena kadar Hb anda belum diperiksa. Jika berbicara mengenai tekanan darah rendah, maka tidak semuanya merupakan kelainan. Misalnya, jika TD anda 100/70 dan itu sudah terjadi sejak lama dan tidak ada gangguan/keluhan, maka itu bukan lah suatu kelainan dan berarti itu merupakan tekanan darah yang normal bagi anda, karena terdapat variasi antar individu. Lain halnya jika penurunan tekanan darah itu mendadak akibat kondisi tertentu seperti infeksi berat, perdarahan, dehidrasi, demam berdarah, dsb maka perlu ditangani secara cepat dan tepat. Akjan tetapi pada kasus seperti yang anda alami, biasanya tidak memerlukan terapi khusus, biasanya cukup dengan :

    • pastikan anda mendapatkan istirahat cukup
    • makan makanan bergizi
    • banyak minum air putih
    • tingkatkan asupan garam / makan yang asin asin
    • dan yang terpenting, olahraga secara teratur
    Pusing disertai sensasi berputar dalam istilah medis dikenal sebagai vertigo. Vertigo bukan penyakit tetapi merupakan gejala suatu penyakit. Penyebabnya mulai dari masalah pada organ keseimbangan di tepi (telinga dalam) seperti vertigo posisional jinak, penyakit meniere, neuritis vestibular hingga ke penyebab sentral (saraf pusat ) seperti tumor pada otak. Jika anda mengalami vertigo, khususnya pertama kalinya, sebaiknya kunjungi dokter untuk menjalani pemeriksaan dan memastikan jenis vertigo apa yang anda alami. vertigo tekanan darah rendah, tekanan darah normal orang dewasa anemia demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bemanfaat.