Tanya Dokter

  • cara mengatasi gatal pada kulit dan berdarah ketika digaruk

  • hallo dok

    dok belakangan ini saya sering gatal2 terutama pada bagian betis, pernah saya menggaruk nya sampe berdarah dan kulit nya mengelupas sampe sekarang. penyebab nya kenapa dan bagaimana cara mengatasinya ?

    sekian dan terimakasih 

    Halo Wini......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Gangguan kesehatan kulit yang Anda alami dengan keluhan utama berupa timbulnya kulit yang terasa gatal atau yang dalam bahasa medis disebut sebagai pruritus, paling sering dipicu oleh karena timbulnya penyakit dermatitis atau Peradangan pada kulit yang umumnya disebabkan alergi.

    Akan tetapi selain oleh karena hal yang telah di sebutkan diatas, gatal pada kulit juga dapat disebabkan oleh : kulit yang kering, anemia, reaksi iritasi, gigitan serangga atau binatang, infeksi jamur, dan lain sebagainya.

    Pada dasarnya jika terjadi gatal pada kulit, cobalah untuk menghindari tidak menggaruknya, dan mengoleskan bedak Atau losion yang mengandung calamine ( obat yang dapat mengurangi rasa gatal ), dimana obat ini dijual bebas di apotik tanpa resep dokter.

    Kami tetap menyarankan kepada Anda untuk menemui dokter spesialis kulit, apabila gatal yang Anda rasakan sudah sering mengalami kekambuhan dan mengganggu aktivitas sehari-hari, sehingga dokter dapat melakukan pemeriksaan lebih lanjut secara langsung, dan akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya diketahui.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. jati