Tanya Dokter

  • cara mengatasi gratitis

  • Selamat malam dok saya mau tanya tahun kemarin saya di diagnosa kena gratitis slesai wktu prksa itu smbuh tpi kadang masih kambuh tpi cuma sebentar terus kok sekarang tiga kali kambuh itu di ulu hati sakit kayak di iris2 dok tapi sakitnya lama bisa sampek 2 - 3 hari gak kayak biasanya dok ini di kasih obat juga udah gak mempan itu gimana ya doj

    Halo,   Gastritis adalah peradangan pada mukosa lambung yang bisa disebabkan oleh infeksi bakteri helicobakter, pola makan yang buruk serta efek obat tertentu dan stress psikis. Maka itu menangani gastritis memerlukan pengertian terlebih dahulu dari penyebabnya dengan melakukan pemeriksaan ke dokter. Dokter akan melakukan tes fisik dan tes medis seperti USG, tes nafas, endoskopi dan tes darah untuk meperjelas penyebab gastritis Anda. Mengatasi gastritis bisa dilakukan dengan pendekatan dari berbagai sisi seperti :

    1. pemberian obat obatan = omeprazol, lanzoprazol, antasida, ranitidin, famotidin dll.
    2. Mengatur pola makan yang baik dan benar
    3. Makan porsi kecil tapi sering
    4. Hindari makanan asam, pedas, berminyak, bersantan dll
    5. Hindari rokok
    6. Hindari kopi, alkohol, soda.
    7. Berhati hati dalam mengkonsumsi obat AINS = ibuprofen, natrium diklofenak dll.
    8. Jika ternyata terdapat infeksi helicobakter maka pemberian antibiotik akan diperlukan untuk mengeradikasi bakteri penyebab gastritis tersebut. Pemberian antibiotik sebaiknya dilakukan atas hasil pemeriksaan dokter dan mengikuti arahan dokter mengenai dosis dan lama terapi.
    9. Kelola stress.
    Baca topik Gastritis. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi