Tanya Dokter

  • Cara mengatasi kejang demam pada anak

  •  Janny Sumarto
    Anggota
    Mlm dok saya mau nanya mlm tadi anak saya baru aja terkena kejang karna panasnya tinggi sekali dan saya pun udah bawa anak saya kedokte dan saya bersukur panas anak saya udah trn berkat obat paracetamol yg di berikan dokter dan saya menempel jidat anak saya dengan bye2 vever buat ngeringanin panasnya tapi yg saya mau tanya kan apa untuk kejang anak saya akan kembali terulang nanti dok itu kalo saya kasih kelapa ijo buat pencegahan biasa aja kira2 bsa gak dok. Terima kasih

    Selamat Pagi Ibu,

    Terima kasih sudah bertanya di alodokter.

    Kejang Demam adalah kejang yang terjadi pada anak akibat kenaikan suhu tubuh yang drastis, umumnya terjadi pada anak usia 6 bulan sampai 3 tahun. Berapakah usia anak Ibu? Pada banyak kasus, kejang saat demam hanya akan terjadi beberapa menit, namun jika kejang terjadi lebih dari 10 menit, sebaiknya segera bawa anak ke Dokter terdekat untuk mencegah komplikasi. Ya, terdapat kemungkinan anak Ibu mengalami kejang demam kembali, terutama apabila: terdapat anggota keluarga dekat yang pernah mengalami kejang demam, kejang demam pertama kali terjadi pada saat usia anak belum 1 tahun.

    Pemberian obat penurun panas tidak dapat mencegah kejang, namun hal ini dapat mencegah kenaikan suhu tubuh secara drastis, jadi selalu perhatikan suhu tubuh anak agar tidak naik secara drastis, Ibu dapat memeluk anak dengan kontak kulit (skin to skin), kompres anak dengan handuk hangat, cegah anak dehidrasi dengan tetap memberikan anak cairan, jika anak masih menyusu, perbanyak lah berikan ASI, jika usia anak di atas 2 tahun, Ibu dapat memberikan air kelapa yang kaya akan elektrolit, namun hal ini tidak dapat mencegah kejang.

    Artikel berikut dapat menambah wawasan Ibu:

    Tetap Tenang Menangani Kejang Demam pada Anak

    Sekian semoga anaknya lekas sembuh,

    dr. Annes