Tanya Dokter

  • cara mengatasi menstruasi

  •  Nazam Maulida
    Anggota

    Dok, saya seorang ibu muda. saya melahirkan satu tahun yang lalu, saya sempat kb suntik yg 3 bulan sebanyak 2 kali. setelah berhenti KB sampai saat ini saya mengalami menstruasi terus. apakah itu bahaya atau tidak di karnakan saya menstruasi selama hampir 8 bulan.  sebab saya konsultasi sama bidan itu cuma reaksi obat KB yg di berhentiin. mohon jawabannya dok.

    Halo, Reaksi setiap orang terhadap suatu metode kontrasepsi berbeda-beda baik pada saat penggunaannya ataupun setelahnya. KB suntik 3 bulan mengandung hormon progestin sehingga pada saat penghentian metode kontrasepsi tersebut tubuh memerlukan waktu untuk beradaptasi. Tidak ada patokan berapa lama tubuh akan kembali normal selepas penggunaan KB dikarenakan respons yang berbeda-beda antara satu individu dengan yang lain. Artikel yang mengulas mengenai metode kontrasepsi secara lengkap dapat Anda baca di sini. Menstruasi yang terus menerus tidak hanya disebabkan oleh penggantian metode kontrasepsi namun dapat juga disebabkan oleh hal lain seperti misalnya :

    • Penyakit radang panggul
    • Gangguan pembekuan darah
    • Adenomyosis
    • Fibroid rahim
    • Gangguan tiroid
    dan lain-lain Sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter mengingat sudah berlangsung cukup lama (8 bulan) dan perlu diperiksa lebih lanjut agar dapat diketahui apakah penyebabnya adalah ketidakseimbangan hormon selepas penggunaan KB suntik 3 bulan ataukah terdapat kondisi medis lainnya yang menyebabkan hal tersebut. Kemungkinan Anda akan diminta melakukan serangkaian tes medis di luar pemeriksaan fisik seperti misalnya USG perut untuk membantu menegakkan diagnosis. Berikut adalah artikel yang membahas mengenai menstruasi dan gangguan pada menstruasi : Menstruasi Mewaspadai menstruasi yang tidak normal   Semoga bermanfaat, dr.Debby Phanggestu