Tanya Dokter

  • cara mengatasi nyeri saat menstruasi

  •  intan
    Anggota

    Selamat malam dok, saya ingin bertanya dengan sedikit cerita. Saya wanita perokok, saya merokok semenjak SMA kelas 1 dan sekarang saya masih kelas 3 SMA. Saya mulai menstruasi pertama kali kelas 5 SD sekitar usia saya 11tahun, dulu saat saya belum jadi wanita perokok pada saat menstruasi nyeri yang saya rasakan tidak sesakit ini dok, entah kenapa sejak saya merokok saya selalu merasa sangat kesakitan karena nyeri yang luar biasa di perut bagian bawah saya. Apakah ada gejala penyakit atau memang wajar sebagai wanita perokok dok? Terima kasih saya tunggu jawabannya :)

    Hai,   Nyeri haid yang tidak tertahankan merupakan tanda bahwa ada sesuatu yang perlu diperiksakan terlepas dari Anda perokok / bukan. Nyeri haid normal timbul pada hari pertama-kedua menstruasi, nyeri timbul akibat kontraksi berlebih rahim saat menstruasi ditambah keluarnya hormon prolaktin yang merangsang kontraksi rahim sehingga nyeri akan timbul lebih kuat. Nyeri haid dibedakan menjadi 2 yaitu :

    • nyeri haid primer dimana nyeri timbul sejak pertama kali menstruasi biasa dikaitkan dengan stres psikis saat menstruasi timbul tanpa adanya penyakit lain.
    • nyeri haid sekunder dimana nyeri haid disebabkan oleh penyebab lain / penyakit lain.
    Adapun penyebab nyeri haid yang berlebihan antara lain adalah :
    1. Endometriosis
    2. Penyakit radang panggul
    3. Jaringan fibroid pada rahim
    4. Polip rahim
    5. Adenomiosis
    6. Penggunaan IUD
    7. Stenosis leher rahim
    8. dll
    Baca artikel Penyebab nyeri haid berlebih di SINI. Untuk mengurangi nyeri haid Anda dapat melakukan beberapa cara seperti :
    1. Mengompres hangat perut
    2. Menempelkan koyo
    3. Olahraga rutin
    4. Minum Air hangat
    5. Minum obat pereda nyeri seperti paracetamol.
    Semoga bermanfaat.   dr. Yusi  

    intan  intan
    Anggota

    Terima kasih informasinya sangat bermanfaat sekali dokter :)