Tanya Dokter

  • perawatan kuku setelah cabut kuku

  •  Idha
    Anggota
    Dr.saya mau bertanya baru2 ini saya habis di cabut kuku jempol saya dok,itu karena kecelakaan kerja. Nah saya coba buka perbannya karena takut infeksi kalo lama-lama ga d ganti,perbannya udah bisa di buka nih dok,cuman yang alas perbannya yang bolong2 itu belum bisa d copot soalnya menempel,apa itu akan copot sendiri atau gimana itu dok,kalo d diemin bahaya ga? Trimakasih dokter...

    Hai Idha,

    Ekstraksi kuku merupakan prosedur yang dilakukan oleh dokter untuk mengangkat kuku baik sebagian maupun seluruhnya. Umumnya tindakan ini dilakukan pada kasus trauma kuku, paronikia, atau tinea unguium.

    Setelah tindakan pencabutan kuku umumnya selanjutnya dilakukan penjahitan pada jaringan samping kuku, kemudian luka dibersihkan dan diperban secara steril. Umumnya pasien dijadwalkan untuk kontrol kembali dalam waktu 5-7 hari untuk mencabut jahitan dan mengganti perban.

    Perlu diketahui bahwa penggantian perban harus dilakukan secara steril, sehingga harus dilakukan oleh dokter atau petugas medis. Selama perban tidak kotor, masih berada dalam kondisi tertutup rapat, dan tidak terkena air, maka tidak masalah bila perban belum diganti hingga jadwal kontrol berikutnya.

    Bila Anda sudah membuka sendiri perban Anda, maka sebaiknya penutupan luka dilakukan secara steril, terutama bila jahitan belum dicabut. Perban bolong yang menempel pada luka kemungkinan merupakan sofratulle, yaitu kasa halus yang mengandung antibiotik. Pada kondisi tertentu memang kasa dapat menempel pada jaringan kulit dalam proses penyembuhan luka. Untuk melepaskannya umumnya dokter akan memakai pinset steril untuk mengangkatnya secara hati-hati. Bila kasa menempel sangat erat terkadang dokter akan membasahi luka dengan cairan steril (misalnya aquadest atau NaCl) untuk melunakkan jaringan sehingga kasa lebih mudah diangkat.

    Oleh karena perawatan luka harus dilakukan secara steril sebaiknya Anda kembali kontrol ke dokter yang merawat Anda. Dokter akan melakukan pemeriksaan untuk mengamati kondisi luka, apakah luka sudah menutup dengan baik dan tidak didapati tanda-tanda infeksi. Penanganan lebih lanjut akan dilakukan oleh dokter, baik pencabutan benang maupun perawatan luka. Selanjutnya dokter akan menginstruksikan apakah Anda harus kontrol kembali atau perban boleh dibuka sendiri di rumah.

    Diskusi berikut ini membahas topik yang terkait:

    Perawatan kuku setelah cabut kuku

    Demikian semoga bermanfaat.

    dr. Muliani Sukiman