Tanya Dokter

  • Cara mengatasi perubahan mood

  •  Dede al
    Anggota
    Dok, saya memiliki perubahan mood yg tdk bisa ditebak. Kdng saya malas buat berbicara, kalo ditanyai org kdng saya merasa lemas buat mnjawabnya. Saya bisa tertawa nyaring tp kemudian diam dan ada waktu ingin menangis tanpa sebab saat sendirian. Saya ingin merubah mood saya, apakah bisa dok ? Bagaimana caranya ? Terimakasih

    Selamat sore, Dede Al. Terima kasih atas pertanyaan Anda.

    Perubahan mood atau emosi mendadak disebut dengan mood swing, memang seringkali dapat ditemui dalam fenomena sehari-hari. Mood swing adalah perubahan emosi (suasana hati) seseorang yang cenderung mudah terlihat. Namun Anda harus mengetahui bahwa perubahan ini dapat wajar ataupun tidak. Hal ini dikatakan wajar bila mengalami perubahan suasana hati yang bisa dipicu oleh suatu peristiwa tertentu seperti kehilangan sesuatu, marah akan suatu keadaan, memenangkan hadiah, dan semacamnya karena memiliki pemicu yang jelas.

     

    Beberapa hal yang menyebabkan mood swing yaitu

    • 1.    Kondisi hormone
    • 2.    Gangguan fisik berhubungan dengan gangguan jantung dan paru – paru serta sistem saraf pusat.
    • 3.    Kondisi mental

    Bila perubahan suasana hati ini tidak didasari oleh suatu hal yang wajar, apalagi terjadi rutin setiap hari, maka perlu dipertimbangkan adanya masalah pada psikis seseorang. Adapun masalah psikis yang mengakibatkan pada perubahan suasana hati meliputi :

    ·     Gangguan afektif bipolar, dimana penderitanya mengalami perubahan suasana hati ekstrim, dari yang bahagia, merasa positif, bergairah, menjadi murung, menutup diri, dan tidak bersemangat. Layaknya dua kutub, perubahan suasana hati ini dikarakteristikkan oleh episode Manik sebagai gejala meningkatnya suasanya hati, dan episode Depresif sebagai gejala menurunnya suasana hati.

    ·         Gangguan siklotimia

    ·         Gangguan depresi menetap (distimia)

    ·         Disregulasi mood

    ·  Gangguan depresi yang dicirikan dengan kemurungan terus menerus dari seseorang. Biasanya pasca kehilangan sesuatu, atau merasa sedih akan suati keadaan yang tidak bisa diubah. Pada level yang serius, gejala ini sering disertai dengan halusinasi atau semacamnya.

    ·       Gangguan cemas menyeluruh, dicirikan dengan kondisi gelisah dan cemas tanpa sebab yang jelas. Kondisi ini membuat pasien merasa sering ketakutan akan banyak hal yang belum tentu terjadi dan memilih untuk tidak meminati hal tersebut.

     

    Untuk mengetahui apa keluhan yang Anda alami, saya menyarankan Anda untuk memeriksakan diri ke psikiater atau dokter spesialis jiwa sehingga diketahui penyebab yang pasti. Hal ini perlu dicari terutama ketika masalah kejiwaan tersebut mulai mengganggu fungsi sosial seorang individu dalam kesehariannya, maka penting untuk dilakukan intervensi medis untuk penanganannya.

    Beberapa hal yang dapat Anda lakukan di rumah yaitu :

    • ·       Tetap berpikiran positif
    • ·       Banyak berkumpul dengan teman dan saudara
    • ·   Kelola stres secara bijak daapt membantu mengurangi keluhan yang Anda rasakan.

    Anda dapat membaca artikel ini.

    Perubahan mood mendadak (mood swing)

    Semoga bermanfaat,

     

    dr. Dian