Tanya Dokter

  • cara mengatasi rasa sakit dikala haid

  •  Sartika
    Anggota

    ass . saya umur 19 th. Dok saya mau bertanya . kenapa yaah setiap saya haid selalunya terasa sakit/nyeri bagian paha ke kaki padahal haid saya itu teratur..kalau hri pertama tdak bisa nahan bisanya cuman menangis.terkadang jg pengen muntah Dan bgaimana juga cara mengatasinya dok yang tdk beresiko pada umur seperti saya ? terimah kasih

    Sartika  dr. Rico N
    Dokter

    Halo Sartika, Nyeri saat menstruasi, terutapa pada awal menstruasi dapat merupakan hal yang normal akibat meningkatnya kontraksi rahim saat menstruasi terjadi. Akan tetapi jika nyeri terasa tidak tertahankan hingga membuat anda tidak dapat melakukan aktivitas apapun, hal tersebut dapat menjadi tanda adanya kelainan tertentu, seperti :

    1. Endometriosis / pertumbuhan jaringan endometrium (lapisan terdalam rahim yang luruh saat mens) di luar rahim
    2. penggunaan IUD / alat kontrasepsi dalam rahim
    3. radang panggul
    4. penyempitan leher rahim
    5. adenomiosis
    6. Fibroid
    Tidak ada salahnya jika anda memeriksakan diri ke dokter, khususnya spesialis kandungan untuk memastikan kondisi yang anda alami apakah masih dalaam batas normal ataukah disebabkan adamya suatu kelainan yang mendasari. Dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan USg atau pemeriksaan lainya tergantung keperluan. berikut artikel mengenai nyeri haid yang dpaat anda baca : penyebab nyeri haid yang tidak tertahankan demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.