Tanya Dokter

  • Mengatasi payudara bengkak dan nyeri pasca menyapih

  • Ass dok,, saya mau tanya dok, anak sya sdah 2thn8 bln. Dan sya mau brhnti menyusui. Bgmna ya cara yg baik dok? Soalnya pas saya brhentiin. Payudara sya bengkak dan nyeri. Ada yg bilang kalo pake minyak kayu putih? Apa benar dok? Bgaimana cara yg cpat mengeringkan Asi? Mohon bantuannya dok.

    Halo Arista,
    ASI memang sangat dibutuhkan oleh bayi sampai usia 6 bulan yaitu ASI eksklusif,tetapi jika produksinya berlebihan dan tidak berhenti akan menimbulkan rasa sakit,kemerahan dan bengkak pada payudara. Berikut adalah penanganan yang dapat anda lakukan sementara sebelum anda berkonsultasi ke dokter:
    1. Produksi ASI  biasanya dicetuskan oleh rangsangan dari luar,oleh karena itu anda dapat menyapih secara perlahan-lahan dan tidak langsung memberhentikan penyapihan sepenuhnya. ,karena jika anda berhenti menyapih sepenuhnya,payudara akan bengkak,kemerahan. Jika anda menggunakan pompa,anda dapat mengurangi frekuensi pompa secara perlahan-lahan.
    2. Minum pereda nyeri seperti parasetamol jika nyeri berlebihan,payudara bengkak (dapat konsultasi ke dokter)
    3. Hindari stimulasi puting berlebihan (kurangi aktifitas seksual,tidak menggunakan bra yang terlalu ketat,tetapi gunakan bra yang agak longgar)
    4. Hindari memompa ASI berlebihan
    5. Minum air cukup
    6. Jika penanganan di atas tidak berhasil untuk membantu memberhentikan produksi ASI,dan payudara mengalami kemerahan,bengkak,anda dapat alnsgung berkonsultasi ke dokter spesialis kandungan terkait,
    Demikian info yang dapat diberikan,semoga jawaban ini bermanfaat,salam dr. Celleen