Tanya Dokter

  • Cara mengetahui mata minus

  •  Feny
    Anggota
    Assalamu'alaikum dok. Saya mau bertanya. Akhir-akhir ini mata saya yang sebelah kiri serasa ada yang menghalangi. Saya pun jadi sering menggisik mata saya karena saya kira ini belek atau semacam kotoran lainnya. Saya coba basuh muka, saya bersihkan area mata. Tapi hasilnya tetap mata saya terasa ada yang menghalangi. Saya coba tes melihat huruf dengan mata tertutup sebelah, ketika mata kiri saya tutup saya bisa melihat jelas huruf2 dengan mata sebelah kanan saya. Tapi ketika mata kanan saya tutup, pandangan saya agak burem sedikit ketika melihat dengan mata sebelah kiri. Apa ini tanda mata sebelah kiri saya minus dok ? Sebelumnya saya ucapkan terimakasih Wasallam.

    Dear Feny,

    Mata minus merupakan suatu kondisi di mana mata sulit untuk melihat objek yang jauh sehingga diperlukan kacamata lensa minus untuk memperbaiki penglihatan. Normalnya, pada saat kita melihat sesuatu, bayangan objek akan jatuh tepat pada pusat saraf penglihatan dalam bola mata, namun pada rabun jauh maka bayangan objek jatuh di depan pusat penglihatan.

    Untuk memastikan kondisi Anda, dibutuhkan pemeriksaan tajam penglihatan. Anda dapat melakukan pemeriksaan ini ke dokter spesialis mata, klinik mata atau ke rumah sakit terdekat.

    Apabila hasilnya mata Anda minus, maka diperlukan penggunaan kacamata dengan lensa minus untuk membuat bayangan benda jatuh tepat di pusat penglihatan mata. Sementara untuk penanganan secara permanen untuk memperbaiki mata minus adalah dengan menggunakan metode operasi lasik, yaitu operasi dengan cara memperbaiki kornea mata.

    Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk mengatasi keluhan Anda.

    dr Taneya Putri Zahra