Tanya Dokter

  • Penggunaan pil KB yang tepat

  • Dok, saya mau tanya bagaimana cara menggunakan pil kb isi 28 dengan benar jika masa haid melebihi dari 7 hari, lalu saya harus minum pil yg mana? Lalu untuk efek samping bagaimana? Soalnya saya pake pil kb jadi sering keluar flek/darah dok. Bila badan mulai capek/kelelahan, atau badan mulai tidak enak tiba" perut berasa nyeri dan keluar darah dok. Apakah itu efek dari pil kb?

    Halo Vita, 

    Apakah yang Anda maksud di atas adalah pil KB kombinasi paket 28 pil?

    Bila iya, maka saat ini Anda mengonsumsi pil berisi hormon estrogen dan progesteron. Pada awal penggunaan pil ini, bisa muncul gejala mual, sakit kepala, nyeri payudara, serta perdarahan bercak (spotting). Umumnya gejala akan menghilang sendiri dan tidak memerlukan penanganan medis. Gejala-gejala ini terutama muncul di tiga bulan pertama konsumsi pil KB. Untuk mengurangi gejala yang muncul, di anjurkan mengonsumsi pil KB setiap hari pada jam yang sama, sebaiknya saat Anda hendak tidur atau pada saat makan malam. Bila dengan anjuran di atas tidak kunjung mengatasi permasalahan Anda, sebaiknya berkonsultasi kembali ke dokter kandungan yang biasa menangani Anda.

    Pil KB kombinasi paket 28 pil terdiri dari 21 pil aktif dan 7 pil plasebo/kosong. Saat pertama memulai konsumsi pil ini, dianjurkan menghabiskan dahulu 21 pil aktif disusul 7 pil plasebo. Umumnya, menstruasi terjadi saat Anda mengonsumsi pil plasebo. Bila menstruasi berlangsung lebih dari 7 hari, tetaplah mengonsumsi pil plasebo selama 7 hari disusul oleh penggunaan paket baru.

    Demikian, semoga bermanfaat ya

    dr.Lili