Tanya Dokter

  • Cara menghambat menopause

  •  Theresia
    Anggota

    selamat sore dokter.. ingin bertanya, apakah ada obat atau vitamin untuk menghambat / menunda menopause, saat ini umur saya akan 49 tahun. sejak awal tahun tubuh saya terasa sedikit agak panas yang terasa di dalam tubuh, tetapi tidak keluar keringat yang membanjir.. bisa sore, malam saat tidur, atau dini hari, apakah ini yang disebut hot splashes.. (menjadi tidak nyaman) mohon advise dari dokter apa yang harus saya lakukan, apakah perlu ke dokter untuk hal ini dan dokter bagian apa ?

    terimakasih

    Hai.   Menopause adalah sebuah kejadian normal yang terjadi pada wanita yang tidak bisa ditunda, diubah atau dibatalkan dengan obat dan metode apapun. Bahkan menopause adalah proses yang bisa dipercepat dengan kebiasaan dan pola hidup yang buruk namun tidak bisa ditunda/ diperlambat. Usia menopause setiap wanita tidaklah sama, beberapa faktor yang dianggap menjadi salah satu tolok ukur usia menopause seseorang adalah :

    1. Usia menopause ibu kandung
    2. Kebiasaan merokok
    3. kemoterapi
    4. etnis tertentu
    5. riwayat operasi pada ovarium.
    Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya menopause dini dan mengurangi gejala menopause ( hot flushes, peningkatan berat badan, emosi labil, depresi, sembelit, sulit menahan pipis, vagina kering dll) adalah :
    1. Berhenti merokok / Tidak merokok sama sekali. Ini juga termasuk menghindari asap rokok ( perokok pasif)
    2. Mengkonsumsi makanan kaya fitoestrogen
    3. olahraga teratur atau latihan metode relaksasi (yoga, meditasi, pilates)
    4. konsumsi vitamin dan antioksidan
    5. hindari kopi dan alkohol
    6. Makan gizi seimbang
    7. Konsumsi vitamin E
    8. Hormonal Replacement therapy (HRT).
    Untuk info yang lebih jelas silahkan hubungi dokter kandungan Anda.   Semoga membantu.   dr. Yusi

    Theresia  Theresia
    Anggota

    terimakasih atas infonya dok. boleh tau praktek di Tangerang pada klinik apa dr. Yusi Capriyanti.. bisa kasih tau dan email ke : fito.stg@gmail.com