Tanya Dokter

  • Cara menghilangkan bekas cacar

  •  Sawal Lamsyah
    Anggota

    Selamat mlm dok nama saya sawal, sy mau tanya ni cara ngilangi bkas cacar di muka yg cukup dalam dan mengitam itu bagaimana ya. beri solusinya dok??

    Halo, Cacar air pada orang dewasa dapat menimbulkan bekas luka yang lebih hebat daripada anak-anak. Bekas luka tersebut dapat menghilang perlahan-lahan setelah 6 bulan tetapi dapat menyisakan lekukan yang dalam. Bekas cacar yang sudah lama jika diobati hasilnya tidak sebaik dengan cacar yang baru terjadi. Terapi yang dapat dilakukan adalah peeling (pengelupasan kulit bagian luar) dan laser yang dapat dilakukan di dokter spesialis kulit. Jika bekas luka tersebut menimbulkan parut atau keloid, maka dapat dioleskan dengan gel silikon maupun tindakan penyuntikan kortikosteroid di tempat parut tersebut. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit jika ingin diterapi. Tips-tips ini dapat bermanfaat untuk Anda:

    • cukup minum air putih
    • konsumsi buah-buahan tinggi vitamin C seperti jeruk, jambu biji,dll
    • konsumsi makanan yang mengandung vitamin E seperti ikan, minyak ikan
    Vitamin C dan E merupakan vitamin yang sangat diperlukan oleh kulit terutama untuk regenerasi kulit. Diskusi ini dapat membantu: Diskusi bekas cacar Semoga bermanfaat, dr.Miranti Iskandar