Tanya Dokter

  • Cara menghilangkan bekas jerawat

  •  Nabila Srkd
    Anggota

    malam dok,saya mau nanya.cara menghilangkan bekas jerawat gimana ya dok,bekas jerawat saya hitam2,soalnya waktu masih jerawat suka saya pencet2 dok..

    Hai Nabila, Jerawat merupakan masalah kulit yang kerap timbul dan dapat menyebabkan bekas yang sangat mengganggu penampilan. Bekas jerawat berwarna kehitaman timbul akibat peradangan kulit yang terjadi selama timbulnya jerawat. Kondisi ini akan diperparah oleh manipulasi terhadap jerawat, misalnya kebiasaan memencet jerawat, mengorek-ngorek bekas jerawat, mengelupas kulit pada jerawat, dan sebagainya. Bekas jerawat yang berwarna kehitaman umumnya dapat hilang dengan sendirinya, namun memang diperlukan waktu yang lama hingga berbulan-bulan. Untuk menyamarkan bekas jerawat kehitaman ini Anda dapat menggunakan krim yang mengandung arbutin, asam kojic, atau vitamin C yang dapat mencerahkan warna kulit sehingga mengurangi bekas kehitaman. Untuk mencegah timbulnya jerawat dan bekas jerawat lebih lanjut berikut ini anjuran yang dapat Anda lakukan:

    • Membersihkan wajah secara teratur dengan air hangat kuku dan sabun pembersih wajah yang sesuai dengan tipe kulit (berminyak, kering, atau normal)
    • Bila timbul jerawat dapat menggunakan obat jerawat yang mengandung sulfur, asam salisilat, atau benzoil peroksida
    • Hindari memencet, memecahkan, mengelupas atau mengorek-ngorek jerawat untuk mencegah timbulnya bekas yang sulit hilang
    • Gunakan pelembab yang berbahan dasar air (water based) dan kosmetik yang mengandung formula bebas minyak (oil free), tidak menimbulkan komedo (non-comedogenic)
    • Perbanyak konsumsi air putih, sayur dan buah
    • Hindari konsumsi makanan yang dapat memicu jerawat
    • Beristirahat cukup dan meminimalisir stres
    Namun jika keluhan tidak kunjung membaik maka Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Dokter akan memeriksa kondisi kulit Anda dan menentukan penanganan yang tepat bagi Anda sesuai dengan kebutuhan kulit. Informasi berikut ini dapat berguna: Sederet cara menghilangkan bekas jerawat Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami Demikian semoga bermanfaat. dr. Muliani Sukiman