Tanya Dokter

  • Cara menghilangkan bekas luka?

  •  abi widya
    Anggota

    Saya baru saja oprasi kecil tahi lalat di pipi dan leher,sekarang masih keadaan di jahit,10 hari kedepan baru buka jahitan,tp kata dokter saya harus setiap hari ganti perban agar darah nya tidak mengerak,dan nanti pasti ada bekas nya sedikit,saya takut dong,takutnya saya buang tahi lalat tp bekas nya malah keliatan banget,sama aja bohong kan,gmn ya dok? Memang bekas nya akan tampak sekali?

    Halo,   Tahi lalat yang dibuang dengan cara metode bedah potong dan dilakukan tindakan penjahitan bisa meninggalkan bekas luka sayatan dan garis seperti laba laba paska penyembuhan. Namun hal ini akan dipengaruhi oleh kondisi tubuh masing masing orang. Pada luka sayatan yang dijahit biasanya akan bisa menimbulkan bekas seperti parut hipertrofik dan keloid jika memiliki bakat keloid. Untuk mencegahnya Anda bisa melakukan :

    1. Jaga kebersihan bekas luka.
    2. Hindari menggaruk, memanipulasi bekas luka / memainkannya dengan tangan.
    3. Oleskan salep yang berfungsi menekan pertumbuhan jaringan ikat berlebih sehingga luka sayatan akan lebih tampak samar.
    4. Perbanyak vitamin C seperti buah dan sayur , jeruk, kiwi, berry dll agar pertumbuhan kolagen kulit baik sehingga mencegah bekas luka nampak jelas.
    5. Melakukan tindakan laser untuk menghilangkan bekas luka.
    Jika ternyata bekas luka saat jahitan dibuka terlihat sangat jelas dan menganggu Anda bisa menambahkan penggunaan salep khusus seperti dermatix untuk menyamarkan bekas luka sesegera mungkin, dengan demikian diharapkan bekas luka akan menjadi samar. Baca topik Menghilangkan bekas luka. Semoga bermanfaat.   Dr. Yusi