Tanya Dokter

  • Cara menghilangkan efek obat kortikosteroid dalam tubuh

  • Selamat siang dokter saya ingin bertanya apa itu kortikosteroid. kemarin saya meminum obat kinapi pil saya baru tau di dalmnya mengandung kortikosteroid dan sekarang saya sedang measakan efeknya...seperti gatal di tubuh..tumbul di betis dan paha,,,,dan muka jadi tembem mengapa bisa begitu? dan bagaimana cara mengobatinya? Trimakasih

    Hai Alvanela.. Terimaksih untuk pertanyaan yang diberikan.

    Kortikosteroid merupakan obat anti-inflamasi atau obat radang. Digunakan untuk meredakan gejala bengkak, kemerahan, gatal, dan reaksi alergi. Bisa digunakan pada penderita asma, nyeri sendi, dan radang kronis lainnya. Dosis bagi setiap pasien berbeda- beda sesuai dengan penyakit yang diderita oleh sebab itu konsumsi obat ini harus berdasarkan resep dokter. 

    Efek samping konsumsi kortikosteroid berbeda- beda bagi setiap orang karena didasarkan pada: jangka waktu penggunaan (penggunaan >3 minggu dapat menimbulkan efek samping), dosis yang tinggi, usia (anak2 dan orang tua lebih berisiko). Efek samping yang dapat terjadi diantaranya adalah reaksi alergi (gatal, kemerahan, sesak nafas) pada orang- orang yang tubuhnya berespon berlebih terhadap obat ini. Selain itu juga dapat menimbulkan sindrom cushing akibat dosis yang tinggi dan jangka waktu lama. Sindrom Cushing ditandai dengan wajah yang membengkak, tumpukan lemak antara leher dan bahu, melemahnya struktur tulang, penipisan kulit sehingga tampak strech mark. Jika muncul gejala alergi maka baiknya anda menghentikan konsumsi obat ini. Bila ada tanda2 sindrom cushing maka baiknya anda memeriksakan diri ke dokter penyakit dalam. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, dilanjutkan cek darah untuk melihat kadar hormon kortisol.

    Semoga bermanfaat

    dr. Iriyanti