Tanya Dokter

  • Cara menghilangkan jerawat di punggung dan bekasnya

  • Dok, saya mau menanyakan. Bagaimana cara menghilangkan jerawat di punggung beserta bekasnya ya? Teman saya ada yg jerawatan di punggung, bekasnya pun juga ada dok. Maka dari itu saya menanyakan hal ini. Dan cara pencegahan nya agar kita tidak punya jerawat di punggung itu bagaimana ya dok?

    Halo,   Penanganan jerawat di punggung adalah sama dengan perawatan wajah di muka karena jerawat yang terjadi pada punggung juga memiliki ciri penyebab yang sama. Anda bisa menyarankan teman Anda untuk melakukan tips seperti :

    1. Mandi minimal 2 kali sehari dengan sabun anti bakteri, lakukan gosokan ringan pada punggung namun hindari menggosok terlalu kuat.
    2. Lakukan scrubbing 2 minggu sekali dengan gerakan menggosok yang ringan.
    3. Hindari penggunaan pakaian yang terlalu ketat, gunakan bahan berkatun yang menyerap keringat.
    4. Anda bisa mengoleskan jerawat yang membandel dengan obat jerawat yang mengandung benzoil peroksida pada punggung Anda.
    5. Hindari makanan pedas yang bisa memicu pengeluaran keringat berlebih dan bisa menyebabkan pori mudah tertutup dan menyebabkan jerawat.
    6. Melap kering dengan merata badan sehabis mandi.
    Jika dengan tips diatas jerawat di punggung tidak berkurang maka Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan terapi yang terbaik untuk Anda seperti :
    • Krim khusus
    • peeling ringan dengan bahan kimia pada punggung Anda
    • Mikrodermabrasi
    • dll.
    Pencegahan jerawat adalah dengan menjaga kebersihan punggung dengan baik, hindari memencet jerawat Anda dan segera obati jika mulai tampak timbulnya jerawat, perbanyak buah dan sayur serta olahraga teratur. Baca topik Jerawat di punggung. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi