Tanya Dokter

  • Cara menghilangkan jerawat saat hamil

  •  tria aca
    Anggota
    Saya hamil 4 bulan dan tidak menggunakan cream apapun karena takut. saya hanya menggunakan bedak bayi. Tapi jerawat di wajah saya terus muncul dok. Kenapa? Dan apa cara yang tepat untuk menghilangkannya?

    Halo tria......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk Anda, peningkatan hormon androgen bertanggung jawab atas jerawat diwajah. Hormon ini merangsang kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak bernama sebum.

    Jerawat dapat muncul ketika sebum yang telah di jelaskan diatas bercampur dengan sel - sel kulit mati. Pertemuan ini dapat menutup Pori - Pori kulit dan memicu bakteri berkembang dengan cepat.

    Seperti yang kita ketahui, apa pun yang menyentuh tubuh ibu hamil turut mempengaruhi Janin. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk memakai obat jerawat dengan hati - hati guna menghindari risiko bayi terlahir cacat.

    Berikut ini beberapa zat produk perawatan muka yang aman jika digunakan pada saat kehamilan, yaitu : asam azelaic, eritromisin, benzoyl peroxide, clindamycin atau glycolic acid. Tingkat penyerapan zat tersebut ke dalam tubuh hanya sekitar 5%, sehingga dipercaya tidak akan mempengaruhi Janin.

    Kami menyarankan kepada Anda untuk menemui dokter spesialis penyakit kulit, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut, sehingga akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan kondisi kulit Anda.

    Atau Anda dapat mencoba untuk menggunakan lemon, dimana buah ini dapat membuang sel - sel kulit mati dan membantu membuka Pori - Pori yang tersumbat. Untuk mendapatkan manfaatnya, celupkan kapas pada perasaan lemon. Oleskan pada jerawat, diamkan hingga kering, lalu Bilas dengan air dingin.

    Membersikan wajah dengan benar juga harus Anda terapkan. Jangan berlebihan mencuci wajah. Cukup dua kali saja sehari. Gunakan sabun atau pembersih wajah yang telah diberikan oleh dokter. Gosok lembut dengan Bantalan jari - jari tangan, jangan memakai handuk untuk menggosok kulit wajah Anda. Lebih baik keringkan kulit dengan cara ditepuk ketimbang menggosoknya.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati