Tanya Dokter

  • Cara mengobati penyakit moonface

  • dok saya kan sakit myelitis saya mengkonsumsi obat dexametashone 3×1 hari tapi efek sampingnya jadi moonface sama berat badan saya bertambah bagaimana cara menghilangkan moonface nya dok??

    Halo, Cushing syndrome adalah kumpulan gejala akibat peningkatan kadar hormon glukokortikoid atau kortisol dalam darah. Keadaan ini secara umum dapat disebabkan dari dalam tubuh dan dari luar tubuh. Dari dalam tubuh, tubuh memproduksi lebih banyak hormon kortisol, karena gangguan pada kelenjar adrenal maupun kelenjar hipofisis. Hal ini dapat disebabkan oleh tumor baik pada kelenjar hipofisis, kelenjar adrenal, maupun pada tempat lainnya (kemungkinan kecil). Dari luar tubuh, dapat disebabkan oleh konsumsi obat-obatan golongan steroid dalam jangka panjang. Dexamethasone merupakan salah satu obat yang masuk dalam golongan steroid. Gejala dan tanda cushing syndrome diantaranya sebagai berikut:

    • Obesitas atau penambahan berat badan
    • Wajah menjadi seperti bengkak
    • Wajah berbentuk bulat
    • Kulit menebal
    • Hipertensi
    • Timbul rambut di seluruh badan
    • Infertilitas
    Penanganan pada cushing syndrome disesuaikan dengan penyebab utamanya. Secara garis besar, tujuan penanganan cushing syndrome adalah untuk menurunkan produksi kortisol kembali normal. Pada cushing syndrome akibat kelebihan masukan steroid, penanganannya adalah dengan menurunkan masukan steroid secara bertahap. Penghentian steroid secara mendadak tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan krisis adrenal. Apabila konsumsi steroid tidak dapat dihindari karena penyakit, maka diperlukan kontrol rutin dengan dokter Anda untuk menurunkan risiko komplikasi, dengan cara:
    • Menurunkan kadar gula darah yang tinggi dengan pengaturan diet, obat-obatan dan insulin.
    • Menurunkan kadar kolesterol yang tinggi dengan pengaturan diet maupun obat.
    • Minum suplemen untuk mencegah pengapuran tulang.
    Saran saya, silahkan Anda berkonsultasi dengan dokter yang dengan beliau Anda kontrol rutin. Kemukakan masalah yang Anda rasakan, dan mintalah pendapat dengannya langkah seperti apa yang dapat diambil untuk mencegah efek samping lebih lanjut dari steroid tersebut. Semoga membantu, dr. Agatha

    Halo, Cushing syndrome adalah kumpulan gejala akibat peningkatan kadar hormon glukokortikoid atau kortisol dalam darah. Keadaan ini secara umum dapat disebabkan dari dalam tubuh dan dari luar tubuh. Dari dalam tubuh, tubuh memproduksi lebih banyak hormon kortisol, karena gangguan pada kelenjar adrenal maupun kelenjar hipofisis. Hal ini dapat disebabkan oleh tumor baik pada kelenjar hipofisis, kelenjar adrenal, maupun pada tempat lainnya (kemungkinan kecil). Dari luar tubuh, dapat disebabkan oleh konsumsi obat-obatan golongan steroid dalam jangka panjang. Dexamethasone merupakan salah satu obat yang masuk dalam golongan steroid. Gejala dan tanda cushing syndrome diantaranya sebagai berikut:

    • Obesitas atau penambahan berat badan
    • Wajah menjadi seperti bengkak
    • Wajah berbentuk bulat
    • Kulit menebal
    • Hipertensi
    • Timbul rambut di seluruh badan
    • Infertilitas
    Penanganan pada cushing syndrome disesuaikan dengan penyebab utamanya. Secara garis besar, tujuan penanganan cushing syndrome adalah untuk menurunkan produksi kortisol kembali normal. Pada cushing syndrome akibat kelebihan masukan steroid, penanganannya adalah dengan menurunkan masukan steroid secara bertahap. Penghentian steroid secara mendadak tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan krisis adrenal. Apabila konsumsi steroid tidak dapat dihindari karena penyakit, maka diperlukan kontrol rutin dengan dokter Anda untuk menurunkan risiko komplikasi, dengan cara:
    • Menurunkan kadar gula darah yang tinggi dengan pengaturan diet, obat-obatan dan insulin.
    • Menurunkan kadar kolesterol yang tinggi dengan pengaturan diet maupun obat.
    • Minum suplemen untuk mencegah pengapuran tulang.
    Saran saya, silahkan Anda berkonsultasi dengan dokter yang dengan beliau Anda kontrol rutin. Kemukakan masalah yang Anda rasakan, dan mintalah pendapat dengannya langkah seperti apa yang dapat diambil untuk mencegah efek samping lebih lanjut dari steroid tersebut. Semoga membantu, dr. Agatha