Tanya Dokter

  • cara menghilangkan noda hitam bekas cacar air

  •  Dina M Ulfa
    Anggota

    Selamat pagi dok.. sekitar tgl 29 september lalu saya terkena cacar air , setelah 10 hari kemudian luka kering, namun muncul bekas hitam di wajah, saat masih belum kering saya minum obat sesuai anjuran dokter dan juga pakai salep, terus untuk menghilangkan noda hitam bekas cacar ini yg bagus pakai apa ya dok ?  terutama pada bagian wajah.. luka kering total udah hampir sebulan.. mohon jawabannya dok.. terimakasih

    Dina M Ulfa  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Dina,

    Cacar bisa menimbulkan bekas kehitaman bahkan bopeng di wajah maupun bagian tubuh lainnya. Apabila bekas cacar berupa bekas kehitaman saja, maka Anda bisa melakukan beberapa tips berikut ini untuk membantu menyamarkan bekas cacar di wajah:

    • Gunakan krim pencerah, misalnya yang mengadung vitamin C, E, arbutin, retinol
    • Gunakan tabir surya saat pagi-sore hari agar bekas cacar tidak semakin menghitam
    • Gunakan scrubbing atau home peeling untuk mengangkat sel kulit mati agar wajah lebih cerah dan bekas cacar lebih samar
    • Hindari paparan sinar matahari secara langsung

    Diharapkan bekas cacar akan memudar dalam waktu beberapa bulan. Namun apabila Anda ingin cara yang lebih cepat dan efektif, atau jika bekas cacar Anda berupa bopeng, sebaiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter kulit agar bisa dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui kondisi kulit dan bekas cacar Anda. Selanjutnya dokter bisa memberikan penanganan yang tepat untuk Anda.

    Beberapa penanganan yang bisa diberikan dokter kulit untuk mengatasi bekas cacar diantaranya dengan obat oles tertentu, chemical peeling, laser, dermabrasi, mikrodermabrasi, dermaroller, subsisi, mesotherapy, photodynamic therapy, dan PRP. Jenis penanganan akan disesuaikan dnegan kondisi Anda ya.

    Berikut ini artikel yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda:

    Cara menghilangkan bekas luka

    Terimakasih dan semoga membantu,

    dr. Devika Y