Tanya Dokter

  • Cara menghilangkan Obsesif Kompulsif

  • Dok,saya setiap kali menghitung sesuatu selalu diulang2 takut klo ada bilangan yg terlewatkan dan kalo mengecek sesuatu contohnya mengecek buku juga diulang2 dan yg paling aneh adalah saya sering mengecek Daging penis saya padahal saya sunat dah 5 tahun lalu tapi selalu saya cek dan takut kenapa2 dengan penis saya padahal baik aja dan itu sudah saya lupakan tapi selalu muncul terus dipikiran saya. sedangkan ayah saya orangnya selalu bersih setiap nyapu contohnya diulang2 sampe 3x dan selalu mengecek seperti keran kompor. itu apa saya dan ayah saya terkena penyakit obsesif kompulsif ya dok .kalo iya apa itu  obsesif kompulsif secara generasi.Mohon dijawab dok.

    Dear Rodrigo, Gangguan obsesif kompulsif atau sering disingkat dengan OCD adalah gangguan psikologis yang membuat penderitanya memiliki pikiran atau ketakutan yang tidak masuk akal (obsesi) yang dapat membuat perilaku berulang (kompulsif). Contohnya mengecek pintu apakah sudah dikunci sampai beberapa kali. Ada 4 tahap kondisi OCD: obsesi, kecemasan, kompulsi, kelegaan sementara. Obsesi muncul saat pikiran dikuasai ketakutan atau kecemasan, kemudian mendorong penderitanya melakukan tindakan kompulsi untuk mengurangi ketegangan. Setelah itu penderita mengalami kelegaan sementara kemudian kecemasan muncul kembali dan tindakan tersebut diulangi lagi. Ada dua hal yang menjadi faktor risiko terjadinya OCD:

    • faktor genetik
    • ketidakseimbangan neurotransmiter serotonin dalam otak
    Terapi untuk OCD meliputi dua hal:
    • terapi perilaku kognitif untuk mengurangi kecemasan dengan mengubah cara pikir dan perilaku
    • obat-obatan
    Sebaiknya Anda konsultasikan keluhan Anda dengan dokter ahli jiwa atau psikiater. Psikiater akan membantu Anda dengan psikoterapi dan terapi obat-obatan yang diperlukan. Berikut laman lengkap yang dapat Anda baca: OCD Demikian penjelasan saya, semoga bermanfaat. Terima kasih dan salam, dr. Rony Wijaya