Tanya Dokter

  • Pengobatan angin duduk yang tepat

  • selamat pagi dok,saya fajrian mau nanya seputar angin duduk,gmna dok cara mengobati angin duduk atau mencegah angin duduk tanpa obat obatan? terimakasih dok
    Fajrian Rafsanjani  dr. Danny
    Dokter

    Hai.

    Angin duduk sebenarnya bukan merupakan suatu istilah medis. Angin duduk sebenarnya merupakan suatu sebutan masyarakat umum untuk suatu angina pektoris. 

    Angina pektoris merupakan suatu keadaan dimana terjadi rasa nyeri pada dada seperti tertimpa benda berat, yang menjalar hingga ke punggung, leher dan lengan kiri. Angina pektoris merupakan suatu gejala dari penyakit jantung koroner. Penyakit jantung koroner merupakan suatu keadaan dimana terdapat gangguan aliran darah pada pembuluh darah otot jantung, sehingga otot jantung kekurangan oksigen. 

    Gejala penyakit jantung koroner biasanya menyebabkan gejala seperti berikut:

    • dada terasa berat, yang menjalar hingga ke punggung, lengan kiri, leher
    • keringat dingin
    • berdebar debar
    • lemas
    • gelisah
    • Sesak nafas

    Angina pektoris harus mendapatkan pemeriksaan secara langsung oleh dokter, karena hal tersebut sangat berbahaya dan dapat mengancam nyawa. Disarankan agar jika merasakan nyeri dada seperti yang disebutkan diatas, maka sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat. Nanti akan dilakukan pemeriksaan tambahan seperti EKG untuk membantu memasitikan diagnosis.

    mencegah angin duduk berarti mencegah penyakit jantung. Penyakit jantung dapat diturunkan angka kejadiannya dengan menerapkan pola hidup sehat seperti olahraga teratur, jangan merokok dan jangan konsumsi alkohol, kurangi makanan yang mengandung kolesterol, konsumsi cukup buah dan sayuran, kurangi garam, serta hindari stres berlebihan. Tidak ada metode apapun yang dapat mencegah secara pasti terjadinya penyakit jantung.

    Berikut artikel yang dapat anda baca mengenai Angin duduk

    semoga bermanfaat. Terimakasih

    dr. Danny