Tanya Dokter

  • Cara mengobati epilepsi

  •  Rima Syakila
    Anggota
    Assalm... sore dok.. saya rima saya mau tanya anak saya berumur 11bulan diagnosis epilepsi apa biasa sembuh total dan bagai mana cara penyembuhan nya ? Wassalam

    Halo, terima kasih sudah bertanya di alodokter.com
    Epilepsi merupakan suatu kondisi dimana seseorang mengalami kejang berulang. Penyebab terjadinya epilepsi adalah akibat letupan atau gangguan sinyal listrik  yang ada di dalam otak. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti sehabis cidera otak, tumor otak, stroke sehingga terjadi kerusakan sistem saraf otak. Namun pada sebagian besar kasus epilepsi masih belum diketahui secara pasti penyebabnya. Pengobatan epilepsi adalah dengan cara minum obat anti epilepsi. Obat ini berfungsi untuk menghambat sistem neurotransmiter saraf di otak sehingga kejang tidak terjadi. Pada kasus epilepsi obat ini harus dikonsumsi minimal 2 tahun, dan selama mengkonsumsi obat, kejang tidak boleh terjadi. Kejang yang berlanjut akan memperlama masa mengkonsumsi obat. Oleh karena itu sangat diperlukan motivasi dan kedisiplinan untuk mengkonsumsi obat ini secara rutin, dan Anda harus secara berkala melakukan kontrol ke dokter untuk melihat perkembangan pengobatan.
    Beberapa kriteria penghentian pemakaian obat anti epilepsi:
    • Bebas dari kejang selama minimal 2 tahun
    • Hasil EEG/rekaman gelombang otak
    • Penghentian dari obat anti epilepsi harus selalu melalui pengawasan dan sesuai dengan anjuran dokter spesialis saraf

    Saya sarankan untuk melakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter spesialis saraf secara langsung.
    Dokter akan menanyakan riwayat keluhan yang anak Anda alami, melakukan pemeriksaan fisik seperti pemeriksaan pada kepala, mata, saraf, dan pemeriksaan penunjang bila di butuhkan seperti pemeriksaan darah, pemeriksaan pencitraan ( rontgen, CT-Scan, MRI, EEG, dll). Pengobatan yang tepat akan diberikan sesuai dengan kondisi anak Anda.

    Demikian jawaban dari saya, semoga membantu
    Salam, dr.Sylvia