Tanya Dokter

  • Cara mengobati HVP

  •  William
    Anggota

    Halo dok, perkenalkan saya william.

    Saya mau tanya, mohon maaf di sekitar Rectum ( Anus )  saya muncul seperti daging tumbuh seperti kutil awalnya saya fikir wasir tetapi setelah saya mencari informasi lain melalui web sepertinya saya kena human virus papiloma. yang ingin saya tanyakan apakah ada cara lain untuk mengobati penyakit kulit tersebut tanpa pembedahan ? kalau ada berapa lama biasanya sampai tahap kutil tersebut kempes dan menghilang ? kalau saya boleh minta saran dari dokter sebaiknya tindakan yang terbaik yang saya mesti lakukan ? demikian dokter saya tunggu jawabannya.

    Terimakasaih

    Halo,   Anda bisa memastikan terlebih dahulu gangguan yang Anda alami apakah benar akibat dari HPV (human papilloma virus) penyebab kutil dan kutil kelamin. Anda bisa memeriksakan diri ke dokter kulit dan kelamin dan memastikan apakah betul kelainan kulit yang Anda alami adalah benar kutil akibat HPV. Beberapa kemungkinan penyebab adanya daging tumbuh bisa diakibatkan karena :

    1. Kutil kelamin
    2. Wasir eksterna
    3. Molluscum
    4. Kista
    5. dll.
    Dengan memastikan kelainan kulit yang Anda alami maka pengobatan yan gtepat bisa diberikan. Penanganan untuk Kutil pada anus bisa dengan menggunakan :
    1. Obat topikal = imiquimod, podofilotoxin, asam salisilat, asam trikloroasetat yang memerlukan resep dokter. Bisa digunakan untuk kutil yang kecil dan tidak bergerombol.
    2. Laser
    3. Kauter
    4. Operasi bedah potong
    5. Crioterapi (bedah beku)
    Konsultasikan dengan dokter kulit Anda jenis terapi yang sesuai untuk kondisi Anda. Baca topik Kutil di anus. Semoga membantu.   dr. Yusi