Tanya Dokter

  • Cara mengobati jerawat yang bengkak

  •  safaa
    Anggota

    Siang Dok,

     

    saya wanita berusia 21th, sudah setahun saya mengalami jerawat. awalnya sedikit dan sekarang menjadii banyak, bengkak, merah, dan ada putih2nya.

    sebelumnya saya pakai sabun papaya dan pelembab ponds, namun tidak ada masalah apa selama 2th saya pakai. awal juni tahun 2014 saya mulai jerawatan, dan saya ganti menggunakan sariayu untuk cuci muka, viva milk dan face tonic, masker oval (bengkuang) serta obat china (pikachuang). so far, jerawat saya lebih baik. 2bulan pakai itu mulai lah bruntusan jerawat kecil2, dan akhirnya saya pakai clean n clear. muka jadi kering dan jerawat tak kunjung sembuh.

    tanggal 15 juli 2015, jewarat saya jadi besar merah namun tidak keluar putih2 hanya bengkak saja.

    kemudian saya pakai wardah acne, dan hasilnya jerawat parah seperti sedang purging disertai bengkak seperti sakit gigi. pipi saya terlihat bengkak.

    apa yang harus saya lakukan dok? teman saya menyarankan untuk minum darsih, namun saya sudah lelah tidak mau mencoba2 lagi. :'(

    can you help my problem? please advise me.

    thanks

    Halo,   Jerawat yang membengkak menandakan bahwa jerawat sedang meradang dan kemungkinan terinfeksi oleh kuman propioacnes bacterium. Penanganan jerawat memang memusingkan dan membutuhkan kesabaran serta dedikasi tinggi untuk melihat hasil yang diharapkan. Pada dasarnya jerawat timbul akibat penyumbatan pada folikel rambut oleh sekresi minyak berlebih atau sel kulit mati pada wajah. Penyumbatan akan menimbulkan peradangan yang akhirnya menimbulkan gejala bengkak dll. Untuk mengatasi jerawat, Anda maka sebaiknya Anda mengetahui jenis kulit Anda terlebih dahulu sehingga Anda bisa menggunakan beberapa pengobatan yang diperlukan dengan lebih selektif. Penanganan jerawat akan meliputi :

    1. Mencuci bersih wajah 2 kali sehari dengan sabun antibakteri ( jika kulit Anda berminyak) atau dengan sabun yang sesuai jenis kulit Anda.
    2. Segera lap keringat Anda dengan handuk bersih agar mencegah penyumbatan pada pori wajah yang akan menimbulkan jerawat baru.
    3. Oleskan obat jerawat yang mengandung benzoil peroksida, obat ini selain berfungsi membuka pori pori juga bisa menghaluskan kulit Anda. Namun hati hati dalam penggunaan karena obat bersifat iritan sehingga gunakan sesuai etiket yang disarankan pada kemasan.
    4. Jika perlu, minum antibiotik oral untuk membantu mengecilkan jerawat yang membengkak. Lakukan sesuai anjuran dokter kulit.
    5. Hindari menggunakan masker, kosmetik, tabir surya, pelembab yang bersifat oily dan comedogenik. Sebaiknya Anda menghindari penggunaan kosmetik berlebih.
    6. Bersihkan muka dengan air dingin akan jauh lebih baik dibandingkan dengan air hangat terutama jika kulit Anda berminyak, hindari mencuci muka terlalu sering dan menggunakan produk kulit mengandung alkohol.
    7. Seimbangkan pola makan Anda.
    8. Kelola stress, karena stress bisa memicu pertumbuhan jerawat akibat aktivasi kelenjar secara berlebihan.
    9. Perbanyak makan sayur dan buah.
    Jika dengan tips diatas keluhan Anda tidak berkurang maka sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter kulit. Dokter akan menentukan terapi terbaik untuk jerawat Anda setelah melakukan pemeriksaan yang menyeluruh. Dokter kulit bisa memberikan alternatif pilihan pengobatan seperti krim oles, peeling, injeksi intra lesi dll. Baca topik Jerawat batu. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi