Tanya Dokter

  • cara mengobati kutil kelamin

  •  Raffi Andra
    Anggota

    Malam dok,,, saya mau konsultasi dok,,, di klamin saya tumbuh benjolan, awalnya kecil dan pernah aku congkel pake kuku kluarnya darah dok,, bkanya smbuh tpi palah mkin besar dan bnyak rasanya gatal jga dok,,,saya coba obati dngan kapur sirih dan sabun colek dok,,dan benjolan itu lngsung pcah dan mengeluarkan drah kental trus mengulapas dok,,, tpi aneh anehnya bsoknya udah tumbuh lagi dok,,, benjolan itu kras dok,,,tu kira2 kutil klamin ato apa dok dan gimana cara pnyembuhanya dok,,?

    Halo, Sebaiknya Anda menghindari mencongkel benjolan di daerah tersebut, melakukan pengobatan sendiri apalagi dengan sabun colek dan bahan lain yang dapat mengiritasi dapat memperberat keluhan tersebut.Memegang kutil dapat mempercepat penyebaran kutil. Kutil kelamin merupakan penyakit kulit sangat menular yang disebabkan oleh infeksi virus HPV yang tergolong dalam penyakit menular seksual. Gejala dari kutil kelamin adalah: Tombulnya benjolan berwarna seperti daging atau lebih gelap di sekitar penis, skrotum, lipat paha, anus yang terasa gatal, tidak nyaman. Benjolan tersebut dapat kecil atau berbentuk seperti kembang kol. Penanganan kuti kelamin adalah:

    • krim (topikal) untuk kutil yang mengandung asam trikloroasetat podophylin
    • tindakan bedah, misalnya dengan laser
    Kutil kelamin juga perlu dibedakan dengan penyakit daerah genital yang gejalanya mirip, yaitu moluskum kontagiosum yang juga disebabkan oleh virus. Konsultasikan dengan dokter kulit kelamin mengenai keluhan Anda ini. Dokter akan melakukan pemeriksaan benjolan tersebut dan memberikan penanganan yang sesuai. Hindari melakukan hubungan intim yang  berisiko, menghindari partner seksual lebih dari 1 dan gunakan kondom. Hindari menyentuh kutil secara langsung, segeralah cuci tangan jika tidak sengaja menyentuh kutil. Artikel ini dapat membantu: Kutil kelamin Infeksi HPV Semoga bermanfaat, dr.Miranti Iskandar