Tanya Dokter

  • Mengatasi benjolan di belakang telinga

  •  alicialsmana
    Anggota
    Malam dok saya Alicia umur 18 tahun. Saya mau tanya kenapa di bagian belakang kuping saya tiba tiba ada benjolan kecil? Barusan saya baru berasa kalau ada benjolan di blkng kuping saya. Itu penyakit atau apa ya dok? Kalau misalnya benar itu penyakit cara ngobatin nya gimana ya dok?Terimakasih dok

    Hallo Alicialsmana

    Terimakasih atas pertanyaan anda

    Benjolan di belakang telinga yang anda sebutkan tersebut bisa disebabkan oleh beberapa kondisi, antara lain:

    • Infeksi bakteri dan virus, contohnya radang tenggorokan dan infeksi mononucleosis (virus Epstein-Barr), dapat menyebabkan pembengkakan di dalam dan sekitar leher dan wajah, hingga menimbulkan benjolan di belakang telinga.
    • Otitis media atau infeksi di telinga bagian tengah. Infeksi ini dapat menyebabkan peradangan (bengkak dan kemerahan) dan penumpukan cairan di belakang gendang telinga. Gejala-gejala tersebut dapat mengakibatkan benjolan di belakang telinga yang dapat terlihat.
    • Mastoiditis yaitu kondisi dimana terjadi peradangan atau infeksi pada tulang mastoid yang berada di belakang telinga, biasanya merupakan lanjutan dari infeksi telinga yang tidak tertangani dengan baik.
    • Abses pada telinga merupakan sel darah putih, bakteri, sel, dan jaringan tubuh yang bertempur dan mati kemudian akan menumpuk dalam bentuk nanah dan mengakibatkan benjolan di belakang telinga.
    • Limfadenopati atau pembengkakan kelenjar getah bening yang biasanya disebabkan oleh infeksi, peradangan, atau kanker.
    • Lipoma, benjolan lemak yang tumbuh di antara lapisan kulit. Bisa tumbuh di mana saja, termasuk di belakang telinga dan hampir selalu tidak berbahaya.
    • Jerawat.
    • Kista sebasea, benjolan bukan kanker yang muncul di sekitar kelenjar sebase.
    • Skin tag, pertumbuhan berlebih dari jaringan di sekitar telinga.

    Sebaiknya memang dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter untuk mengetahui secara jelas penyebab munculnya benjolan di belakang telinga yang anda keluhkan. Tentu saja tindakan penanganan benjolan tersebut akan sesuai dengan hasil pemeriksaan dokter nantinya. Sementara itu anda sebaiknya menghindari memencet atau memanipulasi benjolan tersebut, bisa saja benjolan bertambah besar jika dilakukan manipulasi, terutama bila benjolan karena peradangan. Jika ada keluhan lain, seperti nyeri, maka anda dapat mengkonsumsi obat anti nyeri seperti asam mefenamat atau paracetamol.Jika nantinya terbukti bahwa benjolan tersebut karena infeksi, maka penanganannya juga dilakukan dengan pemberian antibiotik. Untuk abses, maka perlu dilakukan evakuasi nanah sehingga tidak terjadi infeksi atau pembentukan nanah lebih lanjut.

    Semoga jawaban ini membantu anda.

     

    dr. Aldy Valentino