Tanya Dokter

  • Cara mengobati rasa sakit di lutut

  • assalamualaikum dok..

    dok ibu saya sering mengeluh sakit dan nyeri terutama pada bagian lutut, saat sedang posisi duduk terus berdiri kaki nya sakit dan nyeri di bagian lutut apakah itu termasuk asam urat?jika iya, bagaimana cara mengobatinya dok? dan apakah ada makanan yang tidak di perbolehkan untuk di konsumsi ?

    sekian dan  terimakasih dok, wassalam

    wini sopiyanti  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo wini sopiyanti,

    Sakit pada lutut dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti diantaranya:

    • Cedera atau trauma akibat terjatuh atau lainnya
    • Osteoartritis terlebih pada usia lanjut atau pada mereka dengan berat badan berlebih
    • Penyakit asam urat
    • Tendonitis
    • Perdarahan sendi
    • Infeksi pada sendi
    • Bursitis ditandai dengan lutut sakit saat ditekuk

    Penyakit asam urat sendiri merupakan kondisi dimana terjadi peradangan pada sendi akibat penumpukan kadar asam urat dimana asam urat merupakan hasil pemecahan dari purin yang banyak terdapat pada makanan-makanan tertentu. Gejala yang ditimbulkan diantaranya adalah nyeri pada sendi-sendi seperti jempol kaki, lutut, pergelangan tangan, jari-jari, punggung atau telapak kaki.

    Untuk memastikannya perlu dilakukan beberapa pemeriksaan seperti lab darah untuk menilai kadar asam urat dalam darah, foto rontgen, ataupun pemindaian dengan MRI. Normalnya pada wanita kadar asam urat adalah 2,4-5,6 mg/dL dan pada pria 3,4-7,0 mg/dL Diperlukan penanganan jika asam urat tinggi seperti obat-obatan yang membantu mengurangi asam urat dan juga diet rendah purin dengan tidak mengonsumsi makanan seperti daging merah, seafood, jeroan hewan, olahan kacang, dan juga minuman beralkohol.

    Periksakan kondisi ibu Anda pada dokter agar dilakukan pemeriksaan untuk diketahui penyebabnya dan diberikan penanganan yang tepat sesuai dengan penyebabnya. Untuk sementara hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi nyeri dengan cara mengistirahatkan sendi yang sakit, mengompres lutut dengan kompres dingin, menggunakan pelindung lutut atau knee support, meletakan lutut lebih tinggi dari badan dan gunakan obat pereda nyeri jika diperlukan seperti ibupropen atau paracetamol.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Adhi P.