Tanya Dokter

  • cara mengobati ruam kulit?

  • Dok, saya awalnya memiliki bekas luka.nah saya ingin menghilangkannya setelah saya cari tahu ternyata bisa dihilangkan dengan bawang putih yang sudah diparut kemudian dibalurkan ke area luka. Setelah cukup lama menggunakan cara itu luka saya pun agak sedikit memudar. Tetapi dalam waktu beberapa hari tibatiba di area luka saya bentol, gatal dan kemerahan setelah saya cari tahu ternyata itu adalah salah satu efek samping bawang putih nama penyakitnya adalah Ruam Kulit. Lalu, bagaimana cara mengobatinya?

    Hai, Ruam kulit adalah semua jenis kondisi kelainan yang terjadi pada kulit dalam bentuk apapun. Keluhan yang Anda alami kemungkinan merupakan suatu dermatitis kontak iritan, yaitu peradangan pada kulit akibat kontak dengan bahan yang mengiritasi kulit. Gejalanya meliputi kemerahan, gatal, panas, dan dapat disertai dengan timbulnya benjolan. Penanganannya adalah dengan menghentikan kontak dengan bahan yang mengiritasi dan pemberian steroid topikal/salep maupun oral/obat minum untuk menekan peradangan. Namun demikian keluhan bentol, gatal, dan kemerahan pada kulit dapat pula disebabkan oleh berbagai kemungkinan penyebab berikut ini:

    Untuk memastikan penyebabnya sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter. Diperlukan pemeriksaan fisik secara langsung (tatap muka) oleh dokter untuk menilai keluhan yang timbul (lokasi, bentuk, ukuran, konsistensi dll). Dengan mengetahui penyebabnya maka penanganan yang tepat dapat diberikan. Berikut anjuran yang dapat dilakukan:
    • Menjaga kebersihan kulit
    • Lakukan perawatan luka dengan cara yang benar sesuai anjuran dokter
    • Hentikan penggunakan bahan-bahan yang dapat menyebabkan iritasi kulit
    • Hindari menggaruk area yang gatal untuk menghindari perlukaan kulit
    • Jika gatal terasa mengganggu Anda dapat menggunakan losion calamine untuk meredakan gatal (hindari area luka yang terbuka)
    • Kompres dengan air es akan membantu meredakan gatal
    Berikut laman artikel dengan topik yang berkaitan: Ruam kulit Demikian semoga bermanfaat. Salam, dr. Muliani Sukiman