Tanya Dokter

  • Cara menyembuhkan anxietas

  •  Mahesa
    Anggota

    Halo dok... saya ini terkena penyakit yang aneh ... yaitu anxietas... ini berawal ketika saya membaca penyakit - penyakit gitu dok... eh tiba" badan sya merinding semua ... kepala pusingg.. jantung berdebar.. dada sesak.... sya merasa ajal di depan mata dok...lalu sya searching di internet saya terkena anxietas atau serangan panik... hapir setiap sore selalu kambuh dok... nah pertanyaan sya .. bagaimana dok cara menghilangkan anxietas ini selain ke psikolog/psikater ataupun hipnotherapy dok.... apakah ada obat yng bisa mengobatinya dok?... terima kasih dok.. oh ya sya juga punya trauma dok....

    Hai,   Jika benar Anda mengalami serangan panik maka pengobatan terbaik adalah dengan mengkonsultasikan keluhan Anda ke psikolog untuk penanganan optimal. Beberapa jenis obat memang bisa membantu mengurangi gejala Anda, namun tidak menghilangkan penyebabnya. Sehingga serangan panik / kecemasan bisa terus terjadi berulang ulang setiap kali. Serangan panik biasanya dipicu oleh suatu event / kejadian / tempat tertentu yang berada pada seseorang. Seperti panik jika berada di tempat sempit, panik jika berada di tempat ramai dll. Anda bisa melakukan beberapa metode self healing untuk menangani serangan panik seperti :

    1. Relaksasi = Yoga, Meditasi, latihan pernafasan dll
    2. Makan teratur agar kadar gula Anda selalu dalam range normal.
    3. Hindari alkohol, kopi dan rokok
    4. Fokuskan pikiran untuk selalu tenang dengan cara menarik nafas dalam dan mengeluarkannya perlahan sambil memikirkan hal yang positif.
    5. Olahraga aerobik.
    Walaupun gejalanya sangat mengerikan namun serangan panik biasanya tidak akan menimbulkan gejala yang berat / kematian. Segera cari pertolongan jika Anda mengalami keluhan seperti :
    1. Serangan panik terjadi terus menerus secara reguler.
    2. Anda masih merasakan detak jantung abnormal bahkan setelah serangan panik lewat.
    3. Serangan panik terjadi > 20 menit.
    Baca topik terkait mengenai Kecemasan. Semoga membantu.   dr. Yusi