Tanya Dokter

  • Pengobatan wasir stadium 2

  •  Cici11
    Anggota
    Pagi dok. Saya mau nanya dok, bagaimana cara menyembuhkan dan menghilangkan hemoroid stadium 2 di usia dewasa muda ini dok? Biar ngak berefek apa2 ketika udah bertambah usia. Trimakasih dok.

    Salam,

    Dengan informasi yang Anda sampaikan, adanya wasir atau hemoroid stadium 2 berarti hal ini menunjukkan, Anda sudah berkonsultasi dengan dokter tentang stadium wasir ini, atau Anda menduga stadium wasir yang Anda alami.

    Dengan wawancara dan pemeriksaan oleh dokter keluarga Anda atau dokter bedah, wasir stadium 2 berarti menunjukkan wasir keluar pada anus dan dapat kembali atau membaik secara spontan.

    Pada pasien dengan wasir stadium 2 ini, biasanya tidak diperlukan pengobatan apapun, baik obat wasir, ataupun obat nyeri, kecuali pasien mengalami keluhan yang mengganggu, maka pengobatan dapat diberikan.

    Secara umum pencegahan dan perbaikan pola hidup dan makanan menjadi langkah penting bagi Anda untuk mencegah resiko wasir ini sering berulang atau stadium semakin meningkat.

    Beberapa kondisi di bawah ini dapat Anda lakukan untuk membantu mencegah wasir berulang, yaitu:
    1. idealkan berat badan

    2. hindari kebiasaan mengejan saat BAB

    3. cukupi kebutuhan sayur, buah, air, dan makanan berserat

    4. hindari stres

    5. hindari atau batasi makanan pedas, mie instan, bakso, makanan instan dan makanan siap saji

    6. lakukan oleh raga teratur

    Dengan perbaikan pola hidup ini, diharapkan kondisi Anda semakin membaik dan tidak mengalami keluhan berulang terhadap wasir Anda.

    Namun, bila keluhan ini semakin mengganggu, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter yang merawat Anda atau dokter bedah untuk pemeriksaan dan evaluasi.

    Perawatan akan diberikan sesuai hasil pemeriksaan yang didapatkan.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan,  baca juga diskusi.

    dr. Ulfi