Tanya Dokter

  • Cara menyembuhkan gatal bernanah pada tubuh

  • Dok adik saya menderita gatal yg di sertai nanah dan terasa sangat sakit. Gatal tersebut ada di area kaki sampai kulitnya menghitam dan tidak bisa jalan , saat ini sudah infeksi. Sudah dibawa ke dokter kulit tp dokter kulitnya tidak memberikan diagnosis penyakit kulit apa yg diderita adik saya. Dari ciri2 yg saya sebutkan kira2 itu jenis sakit kulit apa ya dok dan salep apa yg manjur untuk mengeringkan luka bekas gatal. Terimakasih

    Selamat sore, Rahmatika. Terima kasih atas pertanyaan Anda

    Gatal pada tubuh bisa disebabkan banyak penyebab yaitu :

    1. Kulit kering, kulit kering membuat fungsi kulit sebagai protektif layer menjadi berkurang sehingga mudah sekali teriritasi oleh zat dari luar. Keluhan tersering yang dialami kulit kering umumnya gatal tanpa sebab jelas (kecuali kulit yang terlihat kering, pecah dan berubah warna jika digaruk).
    2. Biduran. Bentol – bentol di seluruh tubuh terutama oleh paparan dingin.
    3. Dermatitis alergika. Pada alergi  gejala utama adalah gatal disertai adanya pembengkakan (bentol) di daerah tertentu, bisa menyerang seluruh tubuh jika alergi cukup berat.
    4. Dermatitis (radang kulit). Kondisi ini bisa disebabkan banyak faktor seperti stress, iritasi dengan bahan tertentu (sabun, baju, pelembab, pewangi pakaian, bahan logam dll), alergi dengan substansi zat tertentu, infeksi tertentu pada tubuh, dll.
    5. Penyakit tertentu dalam tubuh seperti diabetes, gangguan tiroid, gangguan liver dan ginjal dll.
    6. Neurodermatitis
    7. Gigitan kutu atau serangga. Parasit skabies merupakan salah satu penyebab tersering dari keluhan gatal terutama di malam hari.
    8. Penyakit kulit tertentu. Infeksi jamur, kondisi medis tertentu seperti psoriasis, prurigo, lupus, dll bisa diawali dengan gejala gatal di tubuh. Dibutuhkan pemeriksaan medis oleh dokter untuk menentukan jenis penyebab penyakit kulit yang sesuai
    9. Selulitis
    10. Furunkel

     

    Karena begitu banyak penyebab dari keluhan yang Anda alami maka untuk memastikan diagnosa penyakit  Anda apakah penyebabnya, Anda dapat memeriksakannya ke dokter atau dokter spesialis kulit. Dokter nanti akan meDermaitinanyakan keluhan Anda dan melakukan pemeriksaan fisik dan dapat pula melakukan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan stretch test (tes temple), pemeriksaan eosinophilia spesifik, tes cukit dan lain sebagainya dan pemeriksaan kultur atau pemeriksaan KOH.

    Pengobatan yang diberikan dapat berupa anti gatal berupa antihistamin berupa ceterizin, CTM atau loratadin dan dapat pula diberikan kortikosteroid salep.. Bila keluhan disertai dengan nanah maka kemungkinan keluhan tersebut disertai dengan infeksi sekunder sehingga dapat disertai dengan obat salep antibiotic. Pemberian obat ini juga biasanya dibarengi dengan pemberian bedak salisil. Bersamaan Anda menjalani terapi dari dokter sebaiknya Anda dapat mencoba tips:

    1. Hindari menggaruk meski terasa gatal karena dapat melukai kulit sehingga memudahkan terjadinya infeksi. Adanya nanah menandakan kulit telah terinfeksi bakteri
    2. Jaga kebersihan kulit dan tempat tidur
    3. Gunting kuku Anda
    4. Hindari mengenakan pakaian bergantian dengan orang lain
    5. Menggunakan lotion pelembab
    6. Hindari menggunakan handuk bergantian dengan teman seasrama

    Semoga berrmanfaat,

     

    dr. Dian