Tanya Dokter

  • Cara menyembuhkan mata ikan

  • Dok sya mau bertanya sya punya mata ikan di pinggir kaki jempol saya setelah lama saya diamkan makin lama mata ikan itu muncul di kaki telunjuk juga. Apakah mata ikan itu menular dok? Apa sebabnya bisa muncul dan menular seperti itu dan bagaimana cara mengatasinya

    Halo, 

    Terima kasih sudah bertanya di alodokter.com. Mata ikan bukanlah suatu kondisi medis yang dapat menular. Dalam bahasa medis, mata ikan dikenal dengan clavus. Clavus adalah penebalan pada kulit yang disebabkan oleh gesekan atau tekanan yang terjadi berulang kali pada satu area pada kaki. Terdapat beberapa variasi mata ikan yaitu mata ikan keras, mata ikan lunak dan mata ikan kecil. Mata ikan keras terjadi akibat penumpukan kulit mati yang membentuk permukaan kulit yang keras yang memiliki inti di tengah, mata ikan yang lunak biasanya timbul di antara jari manis dan kelingking pada kaki, sedangkan mata ikan kecil disebabkan oleh adanya saluran keringat yang tersumbat.

    Ada beberapa faktor resiko yang dapat menyebabkan hal ini:

    • penggunaan sepatu yang tidak sesuai (terlalu sempitatau terlalu longgar) dan penggunaan sepatu hak tinggi
    • tidak menggunakan kaus kaki sehingga menyebabkan gesekan kaki dengan alas kaki
    • beribadah pada orang Muslim, berulang kali berlutut dan bersujud
    • menggunakan peralatan musik dengan tangan
    • perokok yang memakai pemantik api

    Untuk mengurangi gesekan, penderita disarankan untuk memakai sepatu dengan ukuran yang sesuai, dan gunakan kaus kaki untuk mengurangi gesekan. Anda dapat mencoba menggosokkan batu apung pada mata ikan ini untuk mengikis kulit sampai mata ikan hilang. Selain itu, Anda juga dapat mencoba menggunakan plester yang dijual di apotik yang ditempelkan pada mata ikan. Jika cara tersebut tidak membuahkan hasil,  silakan Anda memeriksakan diri ke dokter. 

    Silakan Anda baca juga artikel: Mengatasi mata ikan

    Semoga informasi ini berguna.

    dr. Aloisia