Tanya Dokter

  • cara menyembuhkan miom yang efektif

  • Selamat pagi dok, istri saya terkena penyakit miom , bagaimana cara yang efektif untuk nyembuhinnya, udah sering ngerasa nyeri di perut apa itu udah parah dok? Bisa di sembuhkan tidak makasih.

    Hai,   Hingga kini cara efektif menghilangkan miom adalah dengan melakukan pengangkatan miom itu sendiri. Namun pengangkatan miom melalui operasi memerlukan pertimbangan yang matang dan seksama dari dokter dan pasien itu sendiri. Penanganan miom yang menimbulkan gejala bisa dengan menggunakan :

    1. Obat -obatan
    2. Tindakan operasi
    Pemilihan penanganan akan disesuaikan dengan kondisi masing masing pasien. Biasanya operasi akan dilakukan apabila ukuran miom terlalu besar atau pengobatan medikamentosa (obat) tidak menimbulkan efek yang diinginkan. Maka dari itu konsultasikan permasalahan istri Anda ke dokter kandungan. Dokter akan memeriksa kondisi rahim istri Anda dan melakukan pemeriksaan lain seperti tes darah, USG dll untuk menentukan jenis terapi / pengobatan yang tepat bagi istri Anda.   Miom merupakan pertumbuhan jaringan sel otot rahim secara berlebihan di dalam uterus akibat gangguan hormon estrogen berlebih. Terkadang kondisi miom tidak diketahui penderita karena miom tidak menimbulkan gejala berarti, namun dengan seiring ukuran yang semakin membesar maka terkadang miom bisa menimbulkan keluhan seperti :
    1. Menstruasi banyak dan nyeri
    2. Sakit saat berhubungan intim
    3. Sering BAK.
    4. Nyeri pada perut
    5. Sering konstipasi
    6. Kemandulan dll.
    Jenis miom dibagi bedasarkan lokasi tumbuhnya miom yaitu :
    • Miom Intra mural = miom yang tumbuh diantara jaringan otto rahim.
    • Miom sub serosa  = miom yang tumbuh dibagian luar dinding otot rahim menonjol ke rongga panggul. Bisa menjadi sangat besar.
    • miom submukosa = miom yang tumbuh di bagian otot rahim dalam. Bisa membesar dan terlihat menggantung keluar melalui vagina (miom Geburt).
    Penanganan miom yang kecil biasanya tidak diperlukan, bahkan kadang miom bisa menyusut sendiri saat menopause / setelah terjadi kehamilan. Namun miom yang menimbulkan gejala sebaiknya diangkat agar tidak menimbulkan komplikasi yang merugikan di kemudian hari.   Semoga membantu.   dr. Yusi