Tanya Dokter

  • Apakah anak saya menderita gejala pnemounia dan bagaimana cara mengatasinya?

  •  Ayuchia
    Anggota

    Selamat malam dok? Langsung aja ya dok. Aku punya anak umur 3th.Dia sering mengalami batuk,sesak,dan demam.suhu badannya gak menentu. Saat melihat bagian dadanya dia bernafas terengah_engah dan detak jantungnya sangat cepat.apakah itu gejalanya.dan bagaimana mengatasinya dok. Mhon balsannya.trima kasih

    Hai,   Segera periksakan kondisi anak Anda ke dokter anak terdekat sehingga bisa mencari penyebab dan melakukan pengobatan yang sesuai. Keluhan anak Anda bisa disebabkan berbagai faktor seperti :

    1. Flu
    2. Pneumonia
    3. Bronkopneumonia
    4. Infeksi TB
    5. Penyakit Jantung bawaan
    6. Asma
    7. Dll
    Untuk mencari penyebab dari keluhan anak Anda maka tes fisik akan diperlukan. Dokter akan memeriksa kondisi anak Anda dan melakukan pemeriksaan lain yang diperlukan seperti tes darah atau rontgen. Gejala pneumonia pada anak adalah :
    1. Demam
    2. Batuk berdahak
    3. Kesulitan bernafas
    4. Mual
    5. Nyeri pada dada
    6. Tampak tarikan pada sela iga saat menarik nafas.
    7. Sakit kepala
    8. Susah makan
    9. Dll
    Pengobatan pneumonia adalah dengan pemberian antibiotik yang sesuai dengan jenis kuman yang menginfeksi, disertai obat simptomatik lain seperti obat demam, obat batuk dan obat sesak. Terkadang diperlukan perawatan di RS terutama apabila kondisi anak lemah dan membutuhkan bantuan pemberian oksigen murni melalui hidung untuk mengurangi gejala sesak dan kekurangan oksigen yang dapat mengganggu proses tumbuh kembang anak. Jika anak Anda bisa melakukan perawatan di rumah, maka Anda bisa melakukan beberapa cara di bawah ini untuk mengurangi keluhan anak Anda :
    1. Berikan asupan cairan yang cukup. Jika bisa berikan air hangat pada anak Anda dan berikan air dengan posisi anak duduk untuk menghindari tersedak yang dapat memperburuk kondisi anak.
    2. Hindari memberikan makanan/ minuman yang merangsang batuk seperti makanan yg terlalu manis, makanan berminyak dan bersantan.
    3. Jemur anak Anda pada pagi hari saat matahari mulai hangat.
    4. Posisikan kepala dan punggung atas anak sedikit lebih tinggi saat tidur.
    5. Berikan makanan sehat yang kaya nutrisi porsi kecil dan sering.
    6. Usahakan kamar anak mendapat sirkulasi udara dan sinar matahari yang cukup.
    7. Jauhkan anak dari kipas angin secara langsung.
    8. Usahakan suhu kamar tidak terlalu dingin / panas (25°C)
    9. Terapi uap/ nebulizer sesuai saran dokter anak Anda.
    10. Lakukan fisioterapi ringan dengan cara menepuk punggung anak dengan ringan pasca pemberian obat dokter selama kurang lebih 10 menit. Usahakan lakukan dengan posisi anak dipeluk.
    Semoga bermanfaat.     Dr. Yusi