Tanya Dokter

  • Cara merawat bayi prematur

  • Selamat malam dok, Saya seminggu lalu adalah pasien KPD dan diusia kehamilan 34mgg Anak pertama saya lahir dengan bb 2,1 kg dan selama 5 hari dirawat di NICU berhubung saya setelah melahirkan hrus dirawat krna hb kurang dan leukosit tinggi jd saya tidak tau perkembangan anak saya di NICU krna hnya suami dan mertua yg selalu stand by didpan ruang NICU, pas anak saya boleh pulang dokter hanya memberi obat dan tidak memberi tau bagaimana perawatan bayi prematur, setelah dirumah saya bertanya pada bidan dekat rumah untuk memandikan anak saya tapi kata bidan itu anak saya belum boleh mandi. Pertanyaan saya dok sampai kapan anak saya boleh dimandikan dan bagaimana cara merawat bayi prematur apakah sama seperti merawat bayi biasa sebelumnya? Mohon bantuannya dok Dan terima kasih sebelumnya.

    Halo Ibu Febryana, terimakasih telah bertanya di Alodokter

    Memang benar bahwa diperlukan usaha yang lebih untuk merawat bayi yang berusia kurang bulan (prematur) saat dilahirkan. Perawatan khusus ini utamanya diperlukan dalam dua tahun pertama kehidupan bayi.

    Sebagian besar bayi prematur yang dilahirkan saat usia kehamilan 34 minggu atau kurang memerlukan perawatan awal di ruang intensif bayi atau yang kerap disebut NICU. Bayi diperbolehkan dirawat di rumah bila :

    1. mampu mendapat asupan ASI atau susu formula tanpa bantuan selang orogastrik (selang yang menghubungkan mulut langsung ke lambung)
    2. terjadi peningkatan berat badan secara stabil
    3. suhu tubuh tetap stabil di udara ruangan

    Berikut beberapa perawatan bayi prematur yang sebaiknya diperhatikan di rumah :

    • Memenuhi kebutuhan nutrisi
      Bayi prematur membutuhkan lebih banyak nutrisi. Asupan terbaik adalah ASI. Khusus bagi bayi prematur dengan berat badan kurang dari 2000 gram, bisa dilakukan HMF atau human milk fortifier untuk meningkatkan nilai gizi ASI. Alternatif lain adalah susu formula khusus untuk bayi berat lahir rendah. Sebaiknya bayi disusui setidaknya 8 kali dalam sehari atau setiap 2-3 jam sekali.
    • Jaga suhu tubuh bayi, pastikan tetap hangat
      Salah satu metode yang digalakkan adalah metode kanguru, yaitu menggendong bayi menggunakan kain gendongan khusus agar kulit ibu bersentuhan langsung dengan kulit bayi.
    • Pastikan posisi tidur bayi terlentang (tidak miring, apalagi tengkurap)
    • Hindarkan kontak bayi dengan orang sakit, juga dengan paparan asap rokok
    • Lakukan imunisasi dan vaksin sesuai jadwal yang ditetapkan dokter spesialis anak

    Terkait boleh atau tidaknya mandi, sebenarnya tidak ada aturan baku mengenai hal ini. Namun, alangkah baiknya suhu tubuh bayi dipertahankan agar tetap hangat (36,5 hingga 37,5 derajat Celsius). Bayi kurang dari 2500 gram memiliki cadangan lemak yang tipis sehingga mudah kehilangan suhu tubuhnya. Oleh karena itu, untuk sementara waktu, bayi-bayi berat lahir rendah sebaiknya dibersihkan dengan handuk hangat. 

    Anda juga bisa mendiskusikan permasalahan ini dengan dokter anak yang merawat bayi Anda. Semoga bermanfaat ya

    dr. Lili