Tanya Dokter

  • Cara menggunakan softlens yang baik

  •  Venni Vee
    Anggota
    S.malam dok Mau minta sarann, saya baru beli 2pcs soflen masing-masing masa pakainya 8bln Yang pertama saya pake sudah sesuai cara pakai yang benar tapi setelah 1minggu tiba-tiba terasa perih dan sangat mengganjal, padahal soflen nya masih belum ada yang rusak Setelah itu saya buang dan saya pake yang baru, tapi hal yang sama terjadi malah keluar air mata terus menerus, padahal sebelum nya saya sering pakai soflen dan tidak perna ada hal semacam ini Tolong saranya dok ini karna apa ya?
    Venni Vee  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Venni,

    Penggunaan kontak lens memang lebih praktis dibandingkan kacamata. Selain itu kontak lens juga tersedia dalam banyak variasi warna sehingga bisa menambah penampilan. Namun demikian, pemakaian kontak lens juga harus mempertimbangkan resiko efek sampingnya. Beberapa efek samping kontak lens yaitu iritasi mata, mata kering, keratitis / peradangan pada kornea, ulkus kornea / luka pada kornea, konjungtivitis, hingga penurunan tajam penglihatan menetap jika kondisi ulkus korena tidak tertangani.

    Apabila Anda merasa mata mengganjal dan perih setelah memakai kontak lens, saya sarankan agar Anda menghentikan pemakaian kontak lens untuk sementara waktu ya. Akan lebih baik jika Anda memeriksakan mata Anda pada dokter secara langsung supaya bisa dilihat kondisi matanya. Selanjutnya dokter bisa memberikan penanganan untuk mengurangi keluhan pada mata ANda sesuai dengan penyebabnya ya. Tanyakan pada dokter yang merawat mengenai keamanan pemakaian kontak lens pada mata Anda.

    Beberapa tips yang harus diperhatikan saat memakai kontak lens yaitu:

    • Cuci tangan sebelum melepas dan memang kontak lens
    • Pastikan kontak lens dan tempat penyimpanan kontak lens selalu bersih
    • Jangan gunakan cairan kontak lens yang sudah digunakan
    • Lepas kontak lens saat akan tidur dan berenang
    • Perhatikan masa pakai kontak lens
    • Gunakan tetes mata berisi "air mata buatan" untuk mengurangi mata kering dan iritasi mata

    Berikut ini artikel yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda:

    Resiko kontak lens

    Terimakasih dan semoga membantu,

    dr. Devika Y