Tanya Dokter

  • Solusi penanganan keguguran yang tepat

  • dok,saya baru saja keguguran tapi tidak sekaligus , hari pertama keluar gumpalan darah yg cukup banyak disertai darah segar yg banyak, hari kedua keluar lg gumpalan2 pagi dan sore hari, hari ketiga saya coba usg, dokter bilang masih ada sisa yg menempel dan harus di kuret, tapi sebelum tindakan kuret saya keluar gumpalan sebesar ati ayam dengan tekstur agak keras dan berwarna abu2 putih dok, yang saya mau tanya dok, obat apa yg bisa saya konsumsi untuk membersihkan rahim? krna saya takut dok untuk dikuret dan saat ini saya blm melakukan usg lgi dok, saya usg tgl 1 november

    Halo Gita.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk Anda, keguguran dengan adanya sisa jaringan di dalam rahim menandakan bahwa prosesnya tidak komplit. Pada dasarnya, jika memang terdapat sisa jaringan di dalam rahim, maka sisa jaringan tersebut haruslah dikeluarkan.

    Salah satu risiko yang dapat terjadi jika sisa jaringan dibiarkan begitu saja terlalu lama adalah infeksi, Dimana akhirnya dapat menimbulkan komplikasi yang tidak baik bagi tubuh sampai dapat mengarah ke kematian.

    Pengeluaran sisa jaringan memang dapat dilakukan dengan cara menggunakan obat - obatan yang umumnya mengandung misoprostol, akan tetapi perlu Anda ketahui, obat tersebut haruslah diberikan oleh dokter dan tidak dijual bebas di apotik.

    Kami tetap menyarankan kepada Anda untuk menemui kembali dokter spesialis kebidanan dan kandungan, Dan mendiskusikan masalah ini, agar dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan kembali, sehingga dokter dapat menetapkan penanganan yang terbaik buat Anda.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    KEGUGURAN

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. jati