Tanya Dokter

  • Menurunkah kadar dopamin yang berlebihan

  • Bagaimana cara meningkatkan hormon dopamin dan hormon serotonin di otak kita supaya kembali seperti dulu, setelah berhenti obat yang menurunkan kadar dopamin dan serotonin di otak . catatan : orang normal konsumsi obat risperidon, yang dimana cara kerja obat tersebut yaitu dengan memblokade reseptor dopamin dan serotonin, dan menurunkan kadar dopamin dan serotonin di otak yang mengakibatkan sulit senang dan lemas yang berlebih

    Hai Adrian,

    Obat risperidon merupakan jenis obat anti psikotik generasi ke dua yang bekerja dengan cara menyeimbangkan kembali kadar dopamin dan serotonin di otak. Hal ini dimaksudkan agar cara berfikir, mood, dan tingkah laku penderita membaik.

    Pemberian risperidon diindikasikan kepada penderita skizofrenia, gangguan bipolar, dan autism tipe tertentu. Tentu, penggunaan obat ini dapat memiliki efek samping, seperti pusing, tekanan darah rendah, mudah lelah dan disfungsi seksual. Tetapi tentunya dokter Anda telah memperhitungkan efek baik yang diharapkan dari penggunaan risperidone ini jika dibandingkan dengan efek samping yang dapat timbul.

    Anda dapat berkonsultasi kembali dengan dokter Anda, untuk mendapatkan cara terbaik yang sesuai dengan kebutuhan kesehatan Anda. 

    Untuk menigkatkan dopamin dan serotonin secara natural, beberapa tips berikut dapat ditempuh:

    • berolahraga rutin 5x seminggu @30 menit
    • beraktifitas di luar ruangan, di bawah sinar matahari, dapat membantu meningkatkan kadar serotonin
    • lakukan aktifitas atau hobbi yang menyenangkan
    • Makan makanan sehat, dan hindari karbohidrat dan gula berlebihan
    • Hindari stres dan lakukanmeditasi.

    Silahkan baca lebih lanjut artikel berikut:

    Risperidone

    Risperidone 

    Meningkatkan dopamin dan serotonin 

    Semoga bermanfaat ya.