Tanya Dokter

  • Cara pencegahan penyakit glaukoma

  •  Astrellamoza
    Anggota
    Dok saya mau tanya, bila ada pasien yg sdh di diagnosis glaukoma yg sdh terkena mata sebelah nya, cara pencegahannya apa dok utk mencegah mata sebelah nya supaya tidak terkena?

    Halo,

    Glaukoma merupakan salh satu jenis penyakit yang dapat menyebabkan adanya gangguan penglihatan, di mana terjadi kerusakan saraf pada mata yang disebabkan oleh adanya peningkatan tekanan bola mata.

    Gejala dari glaukoma sendiri antara lain nyeri pada mata, sakit kepala, melihat bayangan lingkaran di sekeliling cahaya, mata memerah, mual atau muntah, serta penglihatan yang makin menyempit hingga pada akhirnya tidak dapat melihat obyek sama sekali.

    Penyebab dari glaukoma sendiri adalah tersumbatnya saluran pembuangan dari cairan mata dan bisa juga disebabkan oleh produksi cairan mata yang berlebihan.

    Untuk mengatasi glaukoma sendiri, dapat dilakukan pengobatan dengan obat tetes mata, obat yang diminum terapi laser dan juga operasi. Namun kerusakan mata yang ditimbulkan oleh glaukoma tidak dapat diobati atau diperbaiki kembali. Tujuan dari pengobatan kondisi ini adalah untuk mengurangi tekanan intraokular pada mata dan mencegah meluasnya kerusakan pada mata.

    Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk mengatasi keluhan Anda.

    dr Taneya Putri Zahra