Tanya Dokter

  • cara pengobatan gejala gagal ginjal

  •  fajar sumarti
    Anggota

    Selamat siang dokter.saya mau tanya dokter...saya punya teman,3 hari lalu beliau dirawat dirumah sakit.dianogsa sementara adalah gejala gagl ginjal

    Awalnya sebelum masuk rumah sakit kaki bengkak,pipi membesar,dan badan lebih gemuk dari biasanya disertakan sesak napas.tensi 190/100 umur 25tahun.

    Apakah itu benar awal gejala ginjal dok??lalu bagaimana cara pengobatannya supaya tidak sampai ke yang mengkhawatirkan (sampai cuci darah)??bisa disembuhkan total atau tidak??

    Halo fajar sumarti, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Gagal ginjal ada 2 jenisnya, gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronis. Gagal ginjal akut terjadi bila ginjal tiba-tiba berhenti bekerja karena suatu penyebab. Gagal ginjal akut ini tidak selalu bersifat permanen dan fungsi ginjal dapat kembali menjadi normal setelah penyebab terjadinya gagal ginjal akut sudah teratasi. Gagal ginjal kronis adalah terjadinya kerusakan permanen pada ginjal sehingga ginjal tidak dapat lagi melakukan fungsinya untuk menyaring darah dengan semestinya. Pada gagal ginjal kronis kerusakan yang terjadi pada ginjal tidak dapat diperbaiki lagi. Kerusakan pada ginjal ini bisa bersifat progresif (semakin memburuk). Pada derajat kerusakan tertentu yang belum terlalu parah, biasanya tidak diperlukan terapi cuci darah (hemodialisis), namun bila kerusakan sudah sangat berat dan ginjal tidak bisa berfungsi sama sekali, akan diperlukan tindakan hemodialisis untuk mengatasi penumpukan racun dan cairan di dalam tubuh.

     

    Berikut ini adalah beberapa gejala gagal ginjal akut:

    1. penurunan jumlah kencing
    2. bengkak pada kaki
    3. rasa lemas dan cepat lelah
    4. sesak nafas
    5. gatal di seluruh tubuh
    6. penurunan nafsu makan, mual, dan muntah
    7. kebingungan
    8. kejang otot
    9. kejang seluruh tubuh hingga dapat terjadi koma
    10. nyeri dada
    11. dan lain-lain

     

    Berikut ini adalah beberapa gejala gagal ginjal kronis:

    1. penurunan nafsu makan, mual, dan muntah
    2. kelemahan dan cepat lelah
    3. gangguan tidur
    4. penurunan jumlah kencing hingga tidak kencing sama sekali
    5. penurunan ketajaman kesadaran
    6. kejang dan kram otot
    7. bengkak pada kaki
    8. gatal seluruh tubuh
    9. sesak nafas dan nyeri dada
    10. peningkatan tekanan darah yang sulit dikontrol

     

    Gejala pada keduanya kurang lebih sama, sehingga gagal ginjal akut dan kronis tidak dapat dibedakan dari gejala saja melainkan perlu pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan fungsi ginjal, pemeriksaan kencing, pemeriksaan pemindai gambar seperti USG ginjal, ataupun biopsi ginjal.

    Gagal ginjal kronis tidak dapat diobati, namun kita dapat memperlambat progresi kerusakan ginjal dengan mengatasi penyebab gagal ginjal kronis, misalnya mengatasi kondisi darah tinggi dan diabetes, melakukan diet ginjal, dan lain sebagainya. Gagal ginjal akut biasanya akan teratasi sendiri bila penyebab terjadinya gagal ginjal akut sudah teratasi. Pada kondisi gagal ginjal akut yang berat mungkin perlu dilakukan cuci darah beberapa kali untuk mengeluarkan cairan dan racun yang menumpuk di tubuh, namun bila fungsi ginjal sudah kembali normal, cuci daarah tidak perlu dilakukan lagi.

     

    Sekian informasi yang dapat saya berikan, semoga cukup menjawab

     

    dr. irna cecilia